Monday, 13 Jumadil Akhir 1440 / 18 February 2019

Monday, 13 Jumadil Akhir 1440 / 18 February 2019

Insomnia? Atasi dengan Makanan Ini

Selasa 06 Oct 2015 13:28 WIB

Rep: C39/ Red: Winda Destiana Putri

insomnia (ilustrasi)

insomnia (ilustrasi)

Foto: ap

REPUBLIKA.CO.ID, Makanan yang dikonsumsi terkadang dapat membuat Anda tidak bisa tidur semalaman atau insomnia.

Namun, ada juga beberapa makanan yang bisa membuat Anda mengantuk dan mengatasi insomnia, karena mengandung hormon serotonin. Untuk memproduksi hormon serotonin tersebut membutuhkan asam amino yang disebut dengan triptofan.

Jadi, untuk mengatasi insomnia dan mendapatkan tidur yang sempurna, beberapa makanan ini sangat bagus dikonsumsi sebelum tidur. Seperti dilansir dari Boldsky, Senin (5/10) berikut makanan yang akan membuat Anda mengantuk.

Pisang

Pisang adalah salah satu makanan yang Anda bisa membuat Anda mengantuk. Pisang mengandung kalium dan magnesium yang akan menenangkan saraf dan otot. Pisang juga termasuk vitamin B6 yang mengubah triptofan menjadi serotonin, yang membuat Anda merasa lebih santai dan mengantuk.

Tuna

Ikan tuna juga mengandung vitamin B6 yang sangat penting bagi tubuh Anda untuk membuat serotonin dan melatonin. Melatonin akan membuat Anda tertidur dalam waktu singkat. Jadi, di pagi hari, sebelum berangkat kerja hindarilah jenis ikan ini.

Walnut

Walnut atau sejenis kacang kenari ini adalah bahan makanan yang sangat ampuh untuk membuat Anda mengantuk. Walnut adalah sumber alami melatonin yang membantu Anda untuk terlelap dalam sekejap.

Keju

Terlepas dari susu murni, beberapa produk susu lainnya seperti keju atau yogurt juga bisa memicu tidur. Kalsium yang dikandung dalam produk tersebut membantu otak Anda untuk menggunakan tryptophan (terkandung dalam keju atau yogurt), sehingga menghasilkan melatonin yang bisa memicu tidur.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES