Selasa, 16 Safar 1441 / 15 Oktober 2019

Selasa, 16 Safar 1441 / 15 Oktober 2019

Sulit Tidur? Ini Cara Mengatasinya

Jumat 28 Agu 2015 05:42 WIB

Rep: C39/ Red: Winda Destiana Putri

insomnia (ilustrasi)

insomnia (ilustrasi)

Foto: ap

REPUBLIKA.CO.ID, Ketika Anda tidak bisa tidur hingga larut malam, hal ini akan merusak pekerjaan di pagi hari. Anda tidak akan bangun tepat pada waktunya.

Karena itu, ketika berbaring di tempat tidur, cobalah tips alami ini agar Anda bisa tertidur denga pulas, sehingga tidak mengganggu aktifitas keesokan harinya.

Dilansir Mirror Jumat (28/8) berikut cara mudah agar cepat memejamkan mata di malam hari.

Tarik Napas dengan Lubang Hidung Sebelah Kiri
Metode yoga ini diperkirakan bisa mengurangi tekanan darah dan menenangkan Anda. Ahli terapi tidur Peter Smith mengatakan teknik ini sangat baik ketika Anda susah tidur.

Rileks
Meregangkan otot Anda bisa mempersiapkan tubuh Anda untuk tidur. Ahli kecemasan Charles Linden mengatakan berbaringlah telentang, kemudian mengambil napas melalui hidung Anda, pada saat yang sama remaslah jari-jari kaki Anda kemudian lepaskan.

Ingatlah Kegiatan Anda
Mengingat dengan detail kegiatan secara terbalik, sehingga dapat membersihkan pikiran Anda dari kekhawatiran. "Ingat percakapan, pemandangan dan suara saat Anda pergi. Ini membantu Anda untuk mencapai kondisi mental yang siap untuk tidur," kata penulis buku The Good Sleep Guide, Sammy Margo.

Memutar mata
Sammy juga mengatakan, bahwa menutup mata Anda dan memutar bola tiga kali dapat mengantarkan Anda untuk tidur. "Ini mensimulasikan apa yang Anda lakukan secara alami saat tertidur dan dapat membantu memicu pelepasan hormon melatonin," jelasnya.

Membayangkan
Meditasi visualisasi bekerja paling baik bila Anda menggunakan setidaknya tiga indera. Sammy menjelaskan bayangkan diri sendiri berada dalam situasi di mana Anda merasa berada di surga tropis, berlayar di perairan tenang, dan berjalan di taman bunga.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA