Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

WHO: Balita Sebaiknya tak Duduk Diam Lebih Dari Satu Jam

Sabtu 04 May 2019 04:36 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda

Bayi sebaiknya tak dibiarkan berada di dalam kereta dorong lebih dari satu jam. Bayi perlu bergerak aktif agar lebih sehat.

Bayi sebaiknya tak dibiarkan berada di dalam kereta dorong lebih dari satu jam. Bayi perlu bergerak aktif agar lebih sehat.

Foto: Republika/Musiron
WHO menyerukan agar balita tak dibiarkan duduk diam lebih dari satu jam.

REPUBLIKA.CO.ID, JENEWA -- Komisi Pengakhiran Obesitas Anak (ECHO) menyerukan agar balita dan bayi memiliki aktivitas fisik yang cukup dan tidur berkualitas. Kondisi tepat sesuai tahapan usia punya efek penting terhadap kesehatan fisik dan mental mereka.

Komisi di bawah naungan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) itu merilis pedoman terkait hal tersebut. Penerapan pedoman selama lima tahun pertama kehidupan akan berkontribusi pada kesehatan serta perkembangan motorik dan kognitif anak.

Dikutip dari laman Times of Oman, menurut pedoman tersebut bayi berusia kurang dari satu tahun harus:

- Aktif secara fisik beberapa kali sehari dalam berbagai cara, misalnya, melibatkan anak dalam permainan interaktif berbasis lantai. Bayi yang belum bisa merangkak bisa diajak mengobrol dalam posisi tidur atau tengkurap selama 30 menit setelah bangun tidur.

- Sebaiknya tidak menahan bayi lebih dari satu jam pada suatu waktu, entah di kereta bayi, kursi tinggi, atau dalam gendongan. Sangat tidak disarankan membiarkan bayi bermain gawai. Lebih baik diajak menyimak cerita yang dibacakan.

- Bayi usia nol sampai tiga bulan setidaknya harus memiliki total waktu tidur berkualitas, termasuk tidur siang, selama 14 sampai 17 jam. Sementara, bayi berusia empat sampai 11 bulan perlu tidur selama 12 sampai 16 jam.

Selanjutnya, anak berusia satu sampai dua tahun harus:

- Menghabiskan setidaknya 180 menit dalam berbagai jenis aktivitas fisik pada intensitas apa pun. Aktivitas fisik itu bisa memiliki intensitas sedang hingga kuat, lebih banyak akan lebih baik.

- Sebaiknya tidak menahan anak selama lebih dari satu jam di satu tempat yang sama, termasuk tidak membiarkannya duduk selama itu. Anak berusia satu tahun disarankan belum boleh menonton TV, menyimak video, atau bermain gim di komputer. Anak berusia dua tahun boleh menonton televisi sesekali, tapi tidak lebih dari satu jam.

- Anak dalam tahapan usia ini perlu tidur berkualitas dan teratur selama 11 sampai 14 jam.

Terakhir, berikut pedoman aktivitas fisik untuk anak berusia tiga sampai empat tahun:

- Menghabiskan 180 menit melakukan berbagai jenis aktivitas fisik pada intensitas apa pun dalam sehari. Sekitar 60 menit di antaranya sebaiknya merupakan aktivitas fisik intensitas sedang hingga kuat.

- Tidak ditahan selama lebih dari satu jam pada suatu waktu dan tidak dibiarkan duduk untuk waktu yang lama. Waktu berdiam menyimak layar tidak boleh lebih dari satu jam, lebih sedikit lebih baik. Ketika tidak banyak bergerak, libatkan anak dalam kegiatan membaca dan bercerita dengan pengasuh.

- Balita dalam tahapan usia ini membutuhkan waktu tidur selama 10 sampai 13 jam dengan kualitas yang baik. Total waktu tersebut termasuk jam tidur siang, dengan jam pergi tidur dan jam bangun yang teratur.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA