Rabu, 17 Ramadhan 1440 / 22 Mei 2019

Rabu, 17 Ramadhan 1440 / 22 Mei 2019

Tidak Ada Kata Manja untuk Anak Belum Dua Tahun

Selasa 23 Apr 2019 15:16 WIB

Red: Indira Rezkisari

Ibu dan anaknya

Ibu dan anaknya

Foto: Republika/Prayogi
Ketika anak masih belum dua tahun orang tua harus responsif pada kebutuhan anak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Orang tua zaman dulu sering khawatir anaknya menjadi manja ketika sering dipegang sejak bayi. Padahal, menurut ahli, tidak ada kata memanjakan anak ketika masih berada di bawah usia dua tahun.

Baca Juga

"Usia nol sampai dua tahun itu tidak ada kata memanjakan anak, kalau istilah bau tangan cenderung memanjakan anak ini buat usia itu tidak perlu khawatir," ujar psikolog anak Chitra Annisya, M.Psi.

Chitra menjelaskan, ketika anak masih di bawah usia dua tahun, orang tua memang harus memberikan perhatian lebih dan selalu bersikap cepat respons. Ketika anak membutuhkan sesuatu, apalagi hingga menangis, maka orang tua harus sensitif dan segera menangkan anak.

"Kalau khawatir manja ini bisa hal lain, seperti ketika anak minta sesuatu langsung dikasih saat usia di atas dua tahun," ujar ahli dari Tiga Generasi ini.

Ketika di bawah usia dua tahun, anak biasanya tidak memiliki keinginan yang aneh-aneh seperti anak berusia di atasnya. Saat menangis, biasanya mereka hanya karena lapar, ganti popok, lelah, atau ingin tidur, berbeda saat usia di atasnya yang sudah memiliki keinginan lain seperti mainan lebih.

"Kalau mau mainan sesuatu atau mau main lebih lama, memang orang tua cenderung yang ingin melakukan dan ini bisa ada dampak negatifnya," ujar Chitra.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA