Wednesday, 17 Ramadhan 1440 / 22 May 2019

Wednesday, 17 Ramadhan 1440 / 22 May 2019

Orang Tua Berperan Penting Cegah Pergaulan Bebas Anak

Selasa 23 Apr 2019 14:32 WIB

Red: Christiyaningsih

Pergaulan remaja/ilustrasi

Pergaulan remaja/ilustrasi

Foto: parade.com
Pola didik di keluarga mampu membentuk perilaku anak menjauhi pergaulan bebas

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKA -- Wakil Bupati Bangka Syahbudin mengingatkan seluruh orang tua lebih meningkatkan pola didik di keluarga untuk mencegah pergaulan bebas Anak-anaknya. Menurutnya pola didik orang tua di keluarga mampu membentuk perilaku anak sehingga dapat mencegah pergaulan bebas.

Baca Juga

"Pergaulan bebas akibat lingkungan cukup besar pengaruhnya," katanya pada Senin (22/4). Syahbudin mengatakan pendidikan yang didapat dari keluarga oleh orang tuanya menjadi modal bagi anak menentukan masa depannya.

"Pendidikan yang didapat anak di lembaga formal atau sekolah diketahui hanya berapa persen membentuk pribadi anak," katanya. Menurut dia, teknologi yang terus berkembang dengan pesat hendaknya dipergunakan sebagaimana peruntukannya membantu kepentingan masyarakat.

Orang tua di rumah hendaknya juga mengawasi anaknya menggunakan media sosial. "Saya imbau seluruh orang tua agar dapat lebih fokus memperhatikan putra putrinya terlebih diusia remaja yang masih membutuhkan perhatian orang tuanya," jelasnya.

Dia mengatakan terjadinya kenakalan remaja yang akhir-akhir ini yang begitu memprihatikan dipengaruhi oleh beberapa faktor. Mulai dari kurangnya perhatian pendidikan di keluarga, pengaruh pergaulan lingkungan, dan lainnya. "Kesadaran orang tua meningkatkan pendidikan asuh di rumah, saya yakin dapat mengurangi hal-hal yang negatif," katanya.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA