Rabu, 17 Ramadhan 1440 / 22 Mei 2019

Rabu, 17 Ramadhan 1440 / 22 Mei 2019

Michael Phelps Ungkap Cara Mudah Ajarkan Anak Berenang

Selasa 23 Apr 2019 10:24 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari

Michael Phelps.

Michael Phelps.

Foto: EPA
Michael Phelps mengenalkan berenang ke anak-anaknya sedari usia 3 bulan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perenang Michael Phelps berhasil meraih medali olimpiade lebih banyak dari atlet manapun sepanjang kariernya. Phelps juga tak segan untuk berbagi sedikit trik mengenai cara berenang yang baik kepada masyarakat luas.

Baca Juga

Salah satu trik yang dibagikan oleh Phelps adalah cara mengajarkan anak-anak berenang. Salah satu trik yang bisa dilakukan adalah mengenalkan anak sejak dini dengan kolam renang.

Phelps mulai memperkenalkan kedua anaknya yaitu Boomer dan Beckett dengan kolam renang sejak mereka berusia 3-4 bulan. Cara ini memang tidak mudah karena orang tua perlu memastikan bahwa anak-anak mereka merasa benar-benar nyaman di dalam air.

"Dan tiap anak akan belajar merasa nyaman dengan cara yang berbeda," terang Phelps seperti dilansir Business Insider.

Cara ini dilakukan agar anak tidak merasa takut ketika nantinya berenang dan menempatkan wajah mereka di dalam air. Bila tak terbiasa, anak-anak bisa merasa sangat takut ketika wajah mereka menyelam ke dalam air.

Namun orang tua juga perlu mengingat bahwa kolam renang bisa menjadi tempat yang berbahaya bagi anka-anak. Seperti diketahui, tenggelam merupakan penyebab utama kematian terkait cedera pada anak berusia 1-4 tahun.

Oleh karena itu, orang tua perlu berperan dalam menjaga keamanan kolam renang bagi anak-anak. Salah satunya dengan memagari kolam renang untuk mencegah anak-anak terjatuh ke dalam kolam renang tanpa pengawasan orang tua.

Anak-anak juga perlu diajarkan untuk menjauh dari area drain yang menarik air dari kolam renang. Di sisi lain, orang tua tidak boleh membiarkan anak-anak berenang tanpa pengawasan orang tua.

Cara Phelps untuk mengajarkan anak berenang pada usia di bawah satu tahun memang belum terbukti secara ilmiah dapat menurunkan risiko tenggelam apda anak-anak. Namun bila anak-anak di bawah usia satu tahun merasa senang ada di dalam air, orang tua bisa memberikan pendampingan.

Beberapa dokter anak mengungkapkan bahwa orang tua tidak harus mengajarkan anak mereka berenang sedini Phelps. Alasannya, tiap anak itu berbeda sehingga orang tua tidak perlu memaksa anak untuk berenang ketika anak belum merasa siap.

Menurut American Academy of Pediatrics, sebagian besar anak umumnya sudah siap untuk belajar berenang pada usia empat tahun. Beberapa hal yang bisa diajarkan meliputi kemampuan menjaga keamanan di dalam air seperti cara mengambang, tapak air dan keluar dari kolam renang secara mandiri.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA