Rabu, 17 Ramadhan 1440 / 22 Mei 2019

Rabu, 17 Ramadhan 1440 / 22 Mei 2019

Psikolog Bagi Kiat Membagi Perhatian ke Anak Sama Rata

Senin 22 Apr 2019 14:44 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari

Ibu dan anaknya

Ibu dan anaknya

Foto: Republika/Prayogi
Jangan lakukan si kakak harus mengalah demi perhatian ke anak lain.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Orang tua selalu didorong harus memberikan perhatian penuh pada anak. Hal itu mungkin saja ketika hanya memiliki satu anak, bagaimana ketika memiliki dua anak bahkan lebih?

Baca Juga

"Ini tantangannya kalau punya beberapa anak. Mau tidak mau idealnya ialah orang tua menyediakan waktu spesial untuk masing-masing anak, bisa gantian," kata psikolog anak Chitra Annisya, MPsi.

Untuk anak lebih dari satu, orang tua memang akan memiliki tentang lebih dalam memberikan perhatian. Namun, bukan berarti tidak mungkin, karena itu bisa dilakukan secara bergiliran.

Chitra mencontohkan, orang tua bisa saling bergantian menemani anak. Contoh ibu bisa menemani anak pertama dan ayah bisa membantu anak kedua, kemudian peran itu bisa ditukar.

Bagaiman kalau lebih dari dua anak? Ahli dari Tiga Generasi ini mengatakan, orang tua bisa menyiasatinya dengan membagi waktu, seperti pekan ini untuk fokus memberi perhatian lebih pada anak pertama, pekan berikutnya ke anak kedua, begitu selanjutnya.

"Hal yang perlu orang tua waspadai untuk yang memiliki beberapa anak, seringkali karena merasa kakak sudah lebih besar sehingga kakak harus dianggap mengalah pada adiknya," kata Chitra.

Kondisi tersebut tidak ideal bagi anak. Seharusnya, menurut Chitra, siapa yang salah atau yang benar itu yang dibela. Serupa dengan menghabiskan waktu, tidak serta merta kakak yang lebih besar disisihkan dan perhatian terfokus pada adiknya.

"Kakak juga butuh waktu berkualitas dengan ayah dan ibunya," ujar Chitra.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA