Rabu, 19 Sya'ban 1440 / 24 April 2019

Rabu, 19 Sya'ban 1440 / 24 April 2019

Izinkan Anak Mengeksplorasi, Tapi Pastikan Keamanannya

Senin 15 Apr 2019 20:22 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Reiny Dwinanda

Aktivitas sejumlah anak bermain di Taman Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (2/5).

Aktivitas sejumlah anak bermain di Taman Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (2/5).

Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Anak perlu diberikan kesempatan mengeksplorasi, namun pastikan keamanannya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anak butuh kesempatan untuk mengeksplorasi demi mendorong pertumbuhan dan perkembangannya. Dengan menjelajah maka anak akan menemukan potensi yang sesungguhnya.

Baca Juga

"Makin besar anak maka akan semakin bereksplorasi dan iya boleh tentu saja, tapi, pastikan aman," ujar dokter spesialis anak, Prof Dr dr. Soedjatmiko SpA(K) MSi, dalam acara Dancow Advanced Excelnutri+ meluncurkan modul "Iya Boleh untuk Anak Unggul Indonesia" di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Soedjatmiko mengatakan, orang tua harus memberi kebebasan kepada anak untuk berekplorasi dengan membolehkan anak mencoba banyak hal. Namun, hal yang perlu diperhatikan tentu saja keamanan ketika memberikan izin.

Perlindungan terhadap anak ini yang tidak boleh luput ketika mengatakan "iya boleh" atas permintaan atau keputusan anak melakukan sesuatu. Memastikan kegiatan eksplorasi tetap aman, menjadi nilai yang benar-benar harus diperhatikan.

Contoh saja, ketika anak ingin menghabiskan banyak waktunya di luar rumah. Pastikan kondisi luar rumah aman untuk anak bermain. Di samping itu, bekali anak dengan nutrisi yang cukup agar tidak mudah terserang penyakit.

"Memberikan stimulasi ini harus dilandasi kasih sayan, sehingga menjadi anak unggul yang terpenuhi hak-haknya," ujar Soedjatmiko yang juga konsultan tumbuh kembang anak.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA