Thursday, 18 Safar 1441 / 17 October 2019

Thursday, 18 Safar 1441 / 17 October 2019

Bangun Suasana Makan Menyenangkan untuk Anak

Senin 15 Apr 2019 18:17 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Reiny Dwinanda

Orang tua perlu membangun suasana yang nyaman agar anak semangat makan. (Ilustrasi)

Orang tua perlu membangun suasana yang nyaman agar anak semangat makan. (Ilustrasi)

Foto: idiva.com
Suasana hati yang sedang tidak bagus dapat membuat anak menolak makan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Makan ada kalanya menjadi perkara yang menyulitkan bagi anak-anak. Orang tua sering kali kewalahan karena anaknya sulit untuk diajak makan, terutama untuk makanan-makanan tertentu yang tidak disukai atau belum pernah dicobanya.

Dengan kondisi tersebut, menciptakan suasana makan yang menyenangkan sangat diperlukan. Anak-anak akan lebih mudah untuk makan dan orang tua pun merasa lega karena nutrisi yang dibutuhkan dari anaknya dapat terpenuhi dengan sempurna.

Tapi, bagaimana cara membangun suasana makan yang menyenangkan untuk anak? Menurut Prof Dr dr Saptawati Bardosono MSc, ada beberapa cara yang perlu dilakukan agar proses makan jauh dari masalah dan membuat bahagia.

"Ciptakan suasana makan yang nyaman, baik dari ibu dan anaknya, ini mesti comfort (kenyamanan) ya, bukan konflik," kata Saptawati.

Susana yang menyenangkan bisa dibangun dengan menjalin komunikasi dua arah. Orang tua bisa menceritakan sesuatu yang membuat anak nyaman atau sebaliknya, anak dapat menceritakan apapun yang ia ingin sampaikan.

"Berikan kesempatan untuk membangun kelekatan," ujar Saptawati.

Orang tua pun harus mengerti suasana hati anak. Suasana hati anak yang sedang tidak bagus berpengaruh besar pada keinginannya untuk makan.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA