Thursday, 18 Safar 1441 / 17 October 2019

Thursday, 18 Safar 1441 / 17 October 2019

Menteri Inggris: Batasi HP demi Waktu Berkualitas Keluarga

Selasa 01 Jan 2019 11:46 WIB

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Anak bermain dengan gawai.

Anak bermain dengan gawai.

Foto: Flickr
Penggunaan gawai membuat orang tua kekurangan waktu berkualitas dengan anak-anak

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Menteri Pendidikan Inggris Damian Hinds meminta orang tua bisa memberi contoh kepada anak-anak dalam menggunakan gawai. Salah satunya adalah menetapkan batas waktu pada diri sendiri ketika menggunakan ponsel atau gawai lainnya.

Sehingga orang tua bisa menghabiskan waktu berkualitas bersama anak-anak. Dikutip dari The Daily Telegraph, Damian menyebutkan perangkat seluler dapat mengalihkan kita dari anak-anak.

Damian mengakui bahwa itu "jauh dari mudah" bagi orang tua untuk meletakkan telepon mereka. Ia juga kerap terganggu oleh teleponnya ketika mencoba untuk menghabiskan waktu bersama keluarganya.

"Sebagai orang tua, saya pikir menetapkan batas layar untuk anak-anak adalah bagian yang relatif mudah. Jauh lebih sulit memimpin dengan memberi contoh," kata dia dilansir dari laman Independent, Selasa (1/1).

"Waktu berharga yang saya sisihkan untuk makan bersama keluarga saya, atau bermain dengan anak-anak saya, terlalu sering telepon juga ada di sana bersama kami dan merupakan pengalih perhatian," lanjutnya.

Saat ini tutur dia kita bisa melihat ibu, ayah, dan anak-anak sibuk dengan ponsel mereka, tidak saling berbicara. Mereka bisa terlalu sibuk mencari tahu apa yang terjadi bermil-mil jauhnya daripada memperhatikan orang-orang tepat di depannya.

"Menetapkan batas waktu layar saya, atau milik Anda, atau anak-anak Anda, bukan hanya tentang menghabiskan lebih sedikit waktu di Candy Crush atau Facebook, ini tentang memastikan kita semua melihat ke atas dari layar dan melihat dunia yang lebih luas di sekitar kami," ungkapnya. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA