Rabu, 24 Safar 1441 / 23 Oktober 2019

Rabu, 24 Safar 1441 / 23 Oktober 2019

Hindari Pedofil, Orang Tua Disarankan Awasi Kegiatan Medsos

Senin 28 Agu 2017 14:40 WIB

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Winda Destiana Putri

Ilustrasi Pedofil

Ilustrasi Pedofil

Foto: Foto : MgRol_93

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Psikolog Anak dari Universitas Soegijapranata, Semarang, Endang Widyorini mengingatkan orang tua untuk selalu mengawasi kegiatan anak dalam menggunakan media sosial. Pengawasan tersebut menurutnya menjadi salah satu solusi pencegahan agar anak terhindar dari kejahatan pedofilia.

"Awasi kegiatan anak dalam kegiatan media sosial. Anak perlu pendampingan," kata Endang saat dihubungi Republika, Senin (28/8).

Endang mengakui, memang tidak mudah untuk orang tua bisa mengawasi kegiatan anak di media sosial. Maka dari itu, orang tua harus pandai-pandai menjaga hubungan dan komunioasi yang baik dengan sang anak, sehingga ada keterbukaan.

"Orang tua harus mempunyai hubungan baik atau komunikasi baik dengan anak, sehingga ada keterbukaan," ucap Endang.

Selain itu, lanjut Endang, orang tua harus berani memberikan batasan terhadap anak-anak dalam penggunaan gawai. Sebisa mungkin, orang tua juga harus mempunyai akun di media sosial yang terhububg dengan anak. Sehingga, prilaku anak di media sosial bisa terkontrol.

"Juga harus punya akun media sosial. Jadi orang tua harua punya juga dan berteman dengan anak supaya bisa kontrol. Sebaiknya anak juga bermedsos hanya di rumah denga wifi supaya kita bisa kontrol," tambah Endang.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA