Friday, 19 Ramadhan 1440 / 24 May 2019

Friday, 19 Ramadhan 1440 / 24 May 2019

Mengajarkan Bayi Bisa Tidur di Mana Saja

Kamis 15 Dec 2016 10:37 WIB

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Andi Nur Aminah

Bayi mulai bisa diperkenalkan lingkungan luar rumah agar dia bisa nyaman termasuk saat waktu tidurnya

Bayi mulai bisa diperkenalkan lingkungan luar rumah agar dia bisa nyaman termasuk saat waktu tidurnya

Foto: Mutia Ramadhani/Republika

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Orang tua yang sibuk bekerja ke luar kota terkadang perlu membawa bayinya ikut serta. Liburan ke rumah nenek atau ke luar negeri juga tak bisa dihindari. Ini berarti si kecil akan tidur di luar rumahnya dan tidak di tempat tidurnya.

Orang tua perlu menerapkan strategi supaya bayinya bisa tertidur di mana saja. Dilansir dari What to Expect, Kamis (15/12), bayi adalah makhluk yang bergantung pada kebiasaan dan rutinitas. Si kecil pasti bisa tidur di mana saja jika rutinitasnya mirip dengan di rumah. Jika Anda terbiasa menidurkannya di siang hari setelah makan, atau membedong tubuhnya dengan kain flanel, lakukan hal yang sama.

Apakah Anda terbiasa memutar lagu pengantar tidur untuk si kecil melalui iPhone atau alat lain? Lakukan hal serupa. Bayi juga memiliki penciuman tajam. Jika boks atau tempat tidur di kamar hotel beraroma seperti di rumah, si kecil mungkin lebih bisa lelap di malam hari. Anda bisa meneteskan minyak telon atau baby oil yang biasa dikenakan si kecil pada kasurnya di hotel.

Orang tua sebaiknya jangan mencampuradukkan waktu makan, bermain, dan waktu tidur ketika berada di luar rumah. Kualitas tidur bayi saat orang tuanya bepergian sering kali terganggu. Bayi biasanya juga sedikit rewel.

Bagaimana caranya? Bawalah kasur portabel yang bisa dipasang di dalam mobil. Ini untuk mengasosiasikan jam tidur bayi, meski orang tuanya sedang menyetir mobil menuju tempat tujuan.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA