Thursday, 15 Zulqaidah 1440 / 18 July 2019

Thursday, 15 Zulqaidah 1440 / 18 July 2019

Ini Negara dengan Predikat Ayah Terburuk di Dunia

Kamis 16 Jun 2016 08:30 WIB

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Indira Rezkisari

Ayah sayang anak dan menggendong anaknya (ilustrasi).

Ayah sayang anak dan menggendong anaknya (ilustrasi).

Foto: Republika/Aditya Pradana Putra

REPUBLIKA.CO.ID, Berbicara tentang pengasuhan anak, para ayah di Inggris ternyata masuk di peringkat bawah di antara negara-negara maju. Sebuah penelitian menemukan, ayah di Inggris rata-rata hanya memberikan pengasuhan selama 24 menit per jam di setiap kesempatan yang diberikan oleh sang ibu.

Times of India melansir, Inggris berada di posisi terbawah dari 15 negara. Portugal menempati posisi pertama, karena prianya mampu menghabiskan 39 menit per jam di setiap kesempatan yang diberikan oleh perempuan, untuk mengasuh anak-anaknya.

Fatherhood Institute's Fairness In Families Index (FIFI) juga menemukan, ternyata ayah di Inggris lebih baik dalam melakukan pekerjaan rumah daripada mengasuh anak. Para ayah bisa melakukan pekerjaan rumah dan memasak selama 34 menit per jam dari kesempatan yang diberikan.

Dalam hal pekerjaan rumah, ayah di Inggris menempati posisi kelima dari 15 negara.

Ketua Fatherhood Institute, Will McDonald, mengatakan, penelitian tersebut menunjukkan, dibandingkan dengan negara-negara lain, Inggris telah gagal menciptakan struktur rumah tangga yang kokoh dan saling berbagi dalam pola pengasuhan anak. Padahal hal tersebut sangat penting bagi masa depan anak.

"Ini perlu diubah, atau kita akan terus tertinggal," ujar McDonald.

Kesenjangan di Inggris antara pria dan wanita mencapai 17,4 persen, yang merupakan terburuk ke 15 dari 22 negara. Negara yang memiliki presentase kecil dalam kesenjangan adalah Selandia Baru, yang hanya 5,6 persen.

Penemuan ini dipublikasikan menjelang peringatan Hari Ayah yang jatuh pada 19 Juni mendatang. Temuan ini juga mendorong agar pemerintah Inggris bisa melakukan sesuatu untuk kesetaraan gender.

(baca: Anak Main Internet, 98 Persen Orang Tua Khawatir)

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA