Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Tanda Si Kecil Kena Cacar Air

Selasa 10 Feb 2015 11:16 WIB

Red: Indira Rezkisari

Cacar Air

Cacar Air

Foto: .

REPUBLIKA.CO.ID, Cacar air adalah salah satu penyakit menular yang umum terjadi pada anak-anak dan bayi. Ruam akan muncul pada tubuh beberapa hari setelah si kecil terinfeksi. Cacar air disebabkan oleh virus Varicella Zoster (famili herpes).

Penyakit ini membutuhkan waktu sekitar 10-20 hari untuk sembuh. Risiko terinfeksi cacar air akan meningkat selama musim hujan dan musim dingin. Berikut adalah beberapa tanda-tanda cacar air pada bayi, seperti dikutip dari www.parentsindonesia.com.

- Timbulnya cacar air pada tahun pertama kehidupan bayi sangat langka terjadi karena selama di dalam rahim janin mendapatkan antibiotik dari ibu dan antibiotik itu akan melindungi dari infeksi virus setelah lahir. Namun, ada beberapa bayi yang kena cacar air di tahun pertamanya tapi tidak terlalu parah.

- Pada usia satu tahun, bayi divaksinasi cacar air yang membuat penyakit cacar air pada bayi lebih ringan.

- Timbul rasa gatal dan benjolan merupakan salah satu tanda cacar air pada anak-anak. Benjolan berisi air ini akan melepuh dan terjadi satu atau dua hari.

- Benjolan yang melepuh akan kering dan hilang dengan sendirinya. Sayangnya benjolan itu akan menimbulkan bekas jika tidak diobati.

- Bagian tubuh seperti wajah, perut dan punggung adalah daerah yang paling banyak terdapat benjolan. Beberapa anak mungkin akan terdapat lebih dari 300 benjolan pada tubuhnya. Sementara anak lain mungkin hanya beberapa saja.

- Tanda-tanda lain cacar air pada bayi mungkin termasuk gejala flu.

- Tanda-tanda cacar air berbeda pada masing-masing anak. Beberapa anak mungkin akan mengami hidung meler disertai batuk dan demam beberapa hari sebelum kena cacar air.

- Cacar air adalah penyakit yang sangat menular karena itu jika anak Anda bersentuhkan dengan orang yang terinfeksi cacar air kemungkinan dia juga akan kena. Dalam kasus bayi yang sehat, cacar air tidak akan menciptakan komplikasi. Namun, dalam beberapa kasus, cacar air juga dapat menyebabkan infeksi kulit atau pneumonia. Oleh karena itu, disarankan untuk menemui dokter jika tanda-tanda cacar mulai muncul.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA