Kamis, 21 Zulhijjah 1440 / 22 Agustus 2019

Kamis, 21 Zulhijjah 1440 / 22 Agustus 2019

Sisca Soewitama Bagi Tips Masak Nasi Kebuli

Senin 27 Mei 2019 09:35 WIB

Rep: Nugroho Habibi/ Red: Indira Rezkisari

Nasi Kebuli

Nasi Kebuli

Foto: Antara
Nasi kebuli paling pas dimasak dengan beras berbutir panjang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nasi kebuli sudah menjadi makanan khas Indonesia asal Timur Tengah yang wajib dicicipi pada hari besar Islam misalnya saat Maulid Nabi, Idul Adha hingga bulan suci Ramadhan. Pada Idul Fitri, makanan yang satu ini bisa dengan mudah ditemui pada agenda masjid berkultur Betawi.

Baca Juga

Jika Anda ingin mencoba membuat nasi kebuli di rumah, chef Sisca Soewitomo memberikan tips memasaknya. Dalam membuat nasi kebuli, menurutnya, santan menjadi variasi yang enak untuk dipertimbangkan.

"Kalau saya variasi untuk nasi kebuli ada di daging dan santan," kata Sisca.

Langkah yang diambil dalam membuat nasi kebuli, kata Sisca, dapat dilakukan sebagai berikut. Gunakan beras jenis berbutir panjang, (basmati). Kemudian, campurkan nasi aron (nasi yang dimasak setengah matang dengan direbus sampai airnya tiris) dengan santan dan bumbu kare, yang siap pakai atau yang dibuat sendiri.

Selanjutnya, Sisca menjelaskan, siapkan daun jeruk serai, jahe dan daun pandan. Di sisi lain, siapkan bahan berupa kayu manis, biji pala dan cengkih. Sedangkan, untuk daging, Anda dapat memilih daging sesuai keinginan misalnya daging ayam, daging kambing atau daging sapi.

"Daging yang telah dipilih dimasak tersendiri hingga matang," tuturnya.

Langkah selanjutnya, campur nasi aron dengan masakan daging. Setelah itu, aduk secara merata dan kukus sekitar 30 menit hingga matang.

Sisca menambahkan sebagai pelengkap terdapat bahan lain yang dapat ditambahkan. "Nasi kebuli yang siap saji, lengkapi dengan acar mentimun cabai, bawang merah, kerupuk, bawang goreng," ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA