Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Cicip Kuliner Lezat dengan Pemandangan Gili di Lombok Utara

Jumat 07 Jun 2019 20:10 WIB

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Yudha Manggala P Putra

Pantai Pandanan di Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, NTB, Jumat (7/6).

Pantai Pandanan di Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, NTB, Jumat (7/6).

Foto: Republika/Muhammad Nursyamsi
Pantai Pandanan menawarkan paket wisata kuliner lezat dan keindahan alam di Lombok..

REPUBLIKA.CO.ID, LOMBOK UTARA -- Destinasi wisata dengan keindahan alam, ragam atraksi menarik, hingga sajian kuliner lezat dan harga terjangkau menjadi dambaan setiap wisatawan. Terlebih saat liburan lebaran seperti saat ini.

Di Pulau Lombok, terdapat satu tempat yang menawarkan paket komplet tersebut. Namanya Pantai Pandanan. Letaknya berada di Dusun Pandanan, Desa Malaka, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), dan hanya berjarak sekira 27 kilometer (km) atau 43 menit perjalanan dari Kota Mataram sebagai Ibu Kota NTB.

Perjalanan menuju Pantai Pandanan dapat ditempuh melalui dua rute berbeda dari Kota Mataram. Rute pertama, Anda bisa melalui jalan Pantai Senggigi dengan medan jalan yang mulus di sepanjang tepi pantai. Selama perjalanan, Anda akan dimanjakan pemandangan hamparan laut biru dan hijaunya perbukitan.

photo
Pantai Pandanan di Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, NTB, Jumat (7/6).

Rute kedua, pengunjung dari Mataram bisa melalui jalur Pusuk yang menghubungkan Lombok Barat dan Lombok Utara, melintasi kawasan hutan Pusuk dengan jalan mengelilingi areal perbukitan hijau dan akan menjumpai kawanan kera di pinggir jalan.

Setibanya di Pantai Pandanan, pengunjung akan disambut lambaian pepohonan nyiur yang berjajar di sisi pantai. Berbeda dengan pantai-pantai lain yang sudah cukup familiar di Lombok, Pantai Pandanan menawarkan suasana yang relatif lebih tenang lantaran belum begitu populer bagi masyarakat dan wisatawan dan memang baru dikembangkan dalam beberapa tahun terakhir.

Pantai Pandanan sebagai sebuah objek wisata bisa dibilang cukup komplit. Fasilitas toilet, parkir, dan mushala tersedia. Pasir pantai berwarna putih yang serasi dengan biru lautan yang sedikit kehijauan dan diapit panorama perbukitan yang berada di kiri dan kanan pantai.

Pantai Pandanan sendiri dikelola masyarakat setempat yang tergabung dalam kelompok sadar wisata (pokdarwis). Selain membangun tempat kuliner, masyarakat secara swadaya menyediakan kursi malas dan ayunan gratis yang cocok untuk berswafoto.

photo
Pantai Pandanan di Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, NTB, Jumat (7/6).



Pantai Pandanan juga memberikan keamanan juga bagi pengunjung yang ingin berenang lantaran model pantainya yang landai dan ombak cukup tenang. Terdapat penyewaan kano, pelampung, kegiatan menyelam di permukaan air (snorkeling) hingga banana boat.

Nilai lebih pemandangan di Pantai Pandanan, wisatawan bisa langsung menatap kawasan tiga gili: Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno, dari pantai ini.

Kuliner Lezat dengan Harga Murah
Lelah bermain air, pengunjung bisa menyantap kuliner laut dengan bumbu khas Lombok yang berjejer di tepi pantai. Pemilik Waroeng Puji Pandanan, Pujiyama mengatakan, kualitas kuliner di Pantai Pandanan sangat terjamin karena ikan yang diolah masih segar hasil dari tangkapan  nelayan sekitar. Harga yang ditawarkan untuk ikan bakar laut relatif murah, berkisar Rp 30 ribu hingga Rp 200 ribu tergantung ukuran dan bisa disantap untuk beramai-ramai.

"Tidak hanya ikan bakar, bisa juga digoreng atau dengan bumbu kuning sesuai selera pengunjung," ujar perempuan berusia 33 tahun tersebut kepada //Republika// di Pantai Pandanan, Lombok Utara, NTB, Jumat (7/6).

Selain ikan dan makanan laut lainnya, kata Puji, warung kuliner di Pandanan juga menyajikan menu lainnya seperti Plecing Kangkung, Sayur Kelor, Plecing Terong, dan bumbu serta sambal pedas khas Sasak.

Puji mengatakan setiap warung kuliner di Pantai Pandanan menyediakan fasilitas tempat duduk, bahkan papan untuk berjemur serta ayunan yang langsung menghadap ke lautan.

Puji mengaku gembira, objek wisata Pantai Pandanan mulai dikenal masyarakat dan wisatawan. Belum lama ini, pelari muda asal Lombok Utara, Lalu Muhammad Zohri, pernah menyambangi warung kulinernya. Pun dengan artis Irfan Hakim juga sempat berkunjung dan wisata kuliner di Pandanan saat memberikan bantuan bagi korban gempa di Lombok Utara.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA