Wednesday, 23 Syawwal 1440 / 26 June 2019

Wednesday, 23 Syawwal 1440 / 26 June 2019

Solusi Masak Mudah Antigagal Ala Nirina Zubir

Selasa 21 May 2019 08:18 WIB

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Indira Rezkisari

Nirina Zubir

Nirina Zubir

Foto: dok Bango
Nirina mengaku takut gagal dalam urusan memasak bagi keluarganya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Momen berbuka dan sahur selalu lekat dengan sajian hidangan penggugah selera. Di sinilah bakat memasak para ibu diuji, bagaimana untuk terus menyajikan menu makanan yang variatif dan menambah semangat berpuasa.

Baca Juga

Banyak ibu yang sejatinya ingin membuat makanan yang istimewa, tapi terbentur dengan keahlian memasak yang ala kadarnya. Biasanya, jalan keluar yang paling sering diandalkan para ibu adalah membeli makanan jadi, baik langsung di kedainya atau dibungkus untuk dimakan di rumah.

Kebiasaan ini jelas bisa sangat menguras kantong, juga waktu. Padahal jika para ibu bisa memasak sendiri menu berbuka dan sahur, mereka bisa lebih menghemat bahkan mampu mengembangkan bakat memasaknya.

Pengalaman ini dialami oleh aktris Nirina Zubir. Ibu dua anak ini mengatakan, selama momen berpuasa, dia selalu dituntut untuk dapat menyajikan menu makanan yang tidak monoton, agar semangat berpuasa keluarganya juga dapat terus meningkat.

Tapi wanita yang sempat berperan sebagai pemain utama di Film Get Married ini mengaku sering terkendala dengan kesibukannya di dunia hiburan. Sehingga tidak sempat untuk memikirkan menu makanan yang lebih variatif untuk sahur maupun berbuka.

"Saya sebenarnya suka masak, tapi tidak punya waktu banyak untuk belanja di pasar atau cari-cari menu baru. Akhirnya lebih banyak beli," kata Nirina saat ditemui di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Kendala lain yang dialami istri Ernest Fardiyan Syarif ini adalah takut gagal. Wanita yang akrab disapa Na ini mengatakan sangat jarang sekali mencoba membuat menu makanan baru. Ia memilih membuat masakan yang sudah pernah dia buat sebelumnya atau yang sudah dia kuasai.

"Saya suka takut gagal, atau rasanya tidak sesuai harapan. Makanya kadang masaknya itu-itu lagi. Tapi kadang kasihan sama keluarga, karena mereka juga jadi cepat bosan," kata dia.

Tapi beberapa waktu belakangan, wanita asal Sumatra Barat ini mengaku selalu mengandalkan bumbu siap saji sebagai andalannya dalam meracik masakan. Menurut dia, hadirnya bumbu siap saji ini sangat membantu ibu rumah tangga sekaligus wanita kareir sepertinya, yang memang membutuhkan solusi praktis dalam memasak tanpa takut gagal.

Untuk menu berbuka, Nirina mengaku paling suka dengan Bango bumbu Opor Ayam Cepu.  “Cara masaknya gampang banget, cukup masukkan ayam, lengkuas, daun jeruk, serai dan bumbu. Lalu masak hingga warna ayam berubah. Setelah itu tambahkan santan dan cabai rawit, aduk hingga mendidih. Jika kuah sudah cukup menyusut, sajikan deh,” tutur Nirina.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA