Friday, 19 Ramadhan 1440 / 24 May 2019

Friday, 19 Ramadhan 1440 / 24 May 2019

Zeytin Pie, Lahir dari Kerinduan akan Pie Bayam di Makkah

Selasa 23 Apr 2019 08:56 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda

Beberapa varian kue pie dari Zeytin Pie.

Beberapa varian kue pie dari Zeytin Pie.

Foto: Dok Zeytin Pie
Pemilik Zeytin Pie membuat pie bayam seperti yang dicicipinya di Makkah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Cita rasa pie bayam mungkin masih asing di lidah masyarakat Indonesia. Meski tidak sepopuler pie buah atau pie susu, pie bayam ternyata memiliki cita rasa yang unik, renyah, dan layak untuk dicicipi.

Pada tahun 2016 lalu, berawal dari kerinduan kepada Tanah Suci beserta pie bayam yang sering disantap ketika di Makkah, Ratu Ratna Damayani terpikir untuk membuat pie bayam sendiri di rumah. Tidak ada resep khusus yang dia pegang. Untuk bahan baku dan cara pengolahan, dia hanya mengandalkan ingatan dan terkaan saja.

"Resepnya saya formulasikan sendiri di rumah, saya kan memang sudah suka bikin kue sejak masih SD jadi memang insting saya sudah cukup kuat. Meski sesekali saya buka di internet, tapi ya itu hanya sebatas untuk menambah pengetahuan saja," kata pemilik Zeytin Pie, Ratu Ratna Damayani ketika berbincang dengan Republika.co.id, pekan lalu.

Pie bayam olahan Mia tidak langsung berhasil. Setidaknya dia memerlukan waktu lebih dari tiga kali eksperimen untuk bisa menghasilkan cita rasa pie bayam yang lezat.

photo

Varian pie dari Zeytin Pie.

"Saya minta testimoni anak, suami, dan para tetangga. Alhamdulillah mereka memuji pie bayam buatan saya, katanya enak," ungkap pengusaha kuliner yang akrab disapa Mia ini.

Lambat laun, pie bayam buatannya mulai dikenal dan tanpa disangka pesanan pun bermunculan. Bingung, itu salah satu hal yang Mia rasakan ketika mendapat order membuat pie. Apalagi, awalnya dia tidak berniat menjual pie bayam.

"Bingung dan gugup juga pas terima orderan itu. Apalagi yang pesan orang Batak, dia pesan untuk perayaan Natal dan tahun baru. Itu kan bukan hari biasa ya, jadi saya gugup sekali takut pie bayam saya gagal dan tidak enak. Tapi syukurnya pie bayam saya lezat dan beliau jadi pelanggan loyal saya," kata dia.

Setelah hampir 2,5 tahun menggeluti bisnis kue pie, sudah ada 13 varian yang dijual oleh Zeytin Pie. Mia menawarkan antara lain pie daging asap, pie ayam jamur, pie pisang vla susu, pie mixfruit cinnamon, pie apple almond, pie bayam zaitun, pie nanas tarte, pie pisang opera coklat, klaapertpie, dan pie cheesetart.

Menurut Mia, beberapa varian pie seperti pie pisang opera coklat, pie vla susu, pie daging asap, pie ayam jamur dan cheesetart adalah hasil formula dia sendiri. Sedangkan varian lainnya, kombinasi dari beberapa resep pie. Zeytin Pie juga telah mengatongi sertifikat halal dan lolos uji klinis dari Dinas Kesehatan.

"Pie buatan saya sudah lolos uji. Jadi bebas formalin, bebas bakteri salmonela, bebas perasa buatan, saya juga tidak menambah bahan pengawet sedikit pun dan yang pasti halal," kata Mia. Pie ini dijual dengan empat ukuran berbeda yaitu ukuran little, small, medium, dan large.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

 

BERITA LAINNYA