Thursday, 18 Safar 1441 / 17 October 2019

Thursday, 18 Safar 1441 / 17 October 2019

Sayuran Berdaun, Makanan Rendah Kalori yang Menyehatkan

Selasa 06 Jan 2015 13:40 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari

Daun kale

Daun kale

Foto: buyfruit.com.au

REPUBLIKA.CO.ID, Masih belum juga menyukai sayuran berdaun hijau? Jika Anda membutuhkan beberapa alasan mengapa harus mengonsumsi sayuran berwarna hijau, laman Allwomenstalk edisi Selasa (6/1) memberikan ulasan apa kandungan sayuran berdaun hijau.

Ada banyak alasan baik mengapa Anda harus mengonsumsi sayuran berdaun hijau. Karena itu pastikan sayuran berdaun hijau selalu ada di piring makan Anda.

Rendah kalori

Bagi Anda yang sedang diet, makanan rendah kalori tentu menjadi incaran. Pilihan tepat jika Anda mengonsumsi sayuran berdaun hijau. Sayuran ini mengandung kalori yang rendah.

Sehingga Anda tak perlu khawatir jika mengonsumsi makanan jenis ini. Tidak akan kelebihan kalori tentunya. Dan berat badan Anda akan tetap terjaga, pada akhirnya Anda bisa menjaga kesehatan Anda.

Agar mengonsumsi sayuran berdaun hijau tetap aman dan rendah kalori, jangan Anda campurkan dengan mentega, saus keju atau makanan lain yang tidak sehat.

Tinggi antioksidan

Selain rendah kalori, sayuran berwarna hijau juga banyak mengandung antioksidan. Senyawa ini ditemukan di sayuran berdaun hijau dan berfungsi untuk membantu melawan berbagai masalah kesehatan termasuk kanker.

Antioksidan bekerja di dalam tubuh Anda dengan memerangi radikal bebas yang bisa merusak tubuh. Antioksidan juga bisa memerangi perubahan dalam sel yang dapat menyebabkan banyak jenis kanker.

Bebas lemak

Tubuh Anda memang membutuhkan beberapa lemak untuk menjalankan fungsinya. Tapi terlalu banyak lemak akan membuat tubuh Anda tidak sehat bahkan bisa memicu berbagai penyakit, salah satunya penyakit jantung dan obesitas.

Sayuran berdaun hijau bebas akan lemak. Jadi, jika mengonsumsinya Anda tak perlu khawatir risiko kelebihan lemak. Tapi jika Anda menyiramkan terlalu banyak saus dalam salad sayuran Anda, lemak tetap ada ikut bersama sayuran yang Anda konsumsi.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA