Rabu, 24 Safar 1441 / 23 Oktober 2019

Rabu, 24 Safar 1441 / 23 Oktober 2019

Nangka, Alternatif Daging 'Ajaib' Untuk Para Vegan

Kamis 27 Jun 2019 12:10 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Christiyaningsih

 Ilustrasi Buah Nangka

Ilustrasi Buah Nangka

Foto: Republika/Mardiah
Banyak cara untuk mengolah nangka menjadi pengganti daging dalam berbagai masakan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kedelai sering kali dimanfaatkan sebagai alternatif daging dalam pengaturan pola makan vegan. Selain tinggi protein, kedelai juga dinilai baik karena mengandung karbohidrat dan lemak. Selain kedelai, buah nangka ternyata juga dapat menjadi alternatif daging yang menyehatkan.

Ada banyak cara untuk mengolah nangka menjadi pengganti daging dalam berbagai masakan. Nangka bisa diolah menjadi patty burger, topping pizza, hingga dimakan dalam kondisi segar.

Konsumsi buah nangka juga dapat membawa beragam manfaat bagi kesehatan. Indian Express mengungkapkan setidaknya ada lima manfaat kesehatan dari mengonsumsi buah nangka. Berikut kelima manfaat tersebut.

1. Menjaga kesehatan jantung

Nangka dikenal sebagai buah yang kaya akan kalium. Karena itu, konsumsi nangka dapat membantu menjaga fungsi otot termasuk otot jantung.

Konsumsi nangka juga dapat membantu meregulasi sodium di dalam tubuh. Sodium yang tidak teregulasi dengan baik dapat menyebabkan kerusakan pada arteri dan jantung.

2. Memperkuat tulang dan memperbaiki kualitas darah

Nangka yang kaya akan kalsium baik dikonsumsi oleh orang-orang yang menderita arthritis dan osteoporosis. Kalsium pada nangka dapat membantu memperkuat tulang-tulang di tubuh.

Kalium pada nangka juga dapat menurunkan risiko kehilangan kalsium melalui ginjal. Selain itu, nangka juga merupakan sumber zat besi yang baik sehingga dapat membantu melawan anemia dan membantu menjaga metabolisme.

Nangka juga mengandung vitamin C, magnesium dan tembaga. Ketiga kandungan ini dapat membantu memperbaiki kualitas darah.

3. Mengatasi masalah kulit

Nangka mengandung beberapa nutrisi dan antioksidan seperti vitamin C yang dapat menunjang kesehatan kulit. Karena nangka dapat mengancurkan radikal bebas, banyak orang menilai konsumsi nangka juga dapat memperlambat penuaan akibat radikal bebas.

4. Membantu pencernaan dan gangguan tiroid

Nangka juga dikenal kaya akan serat larut dan serat tak larut. Karena itu, konsumsi nangka dapat mempermudah pergerakan usus. Kandungan tembaga dalam nangka juga dapat membantu metabolisme tiroid, khususnya dalam produksi dan penyerapan hormon.

5. Memperbaiki imunitas

Nangka memiliki kandungan vitamin A dan vitamin C yang dapat meningkatkan imunitas tubuh dalam hal melawan infeksi. Kandungan antioksidan juga membuat konsumsi nangka diyakini dapat membantu menurunkan risiko infeksi virus.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA