Wednesday, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Wednesday, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Rambut Rontok? Pola Anda Makan Mungkin Penyebabnya

Jumat 21 Jun 2019 13:09 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari

Rambut rontok

Rambut rontok

Foto: Flickr
Kekurangan makanan kaya zat besi pengaruhi kerontokan rambut.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kerontokan rambut bisa jadi momok bagi beberapa orang. Akibatnya, banyak uang dihabiskan untuk perawatan rambut yang mahal. Tujuannya, agar rambut tidak rontok.

Tapi sains memiliki solusi mudah untuk menyelesaikan masalah penipisan rambut.  Yaitu dengan memperbaiki pola makan.

Seperti dilansir dari laman Times of India, Jumat (21/6), sesuai tinjauan 2006 dari 40 tahun penelitian, telah ditemukan kaitan antara rambut rontok dan kekurangan zat besi. Meskipun, penelitian tidak secara jelas menetapkan bahwa kekurangan zat besi dapat menyebabkan rambut rontok.

Juga telah diketahui bahwa kebotakan atau masalah penipisan rambut adalah umum pada vegan atau vegetarian. Alasannya karena mereka tidak makan produk makanan hewani, yang kaya akan zat besi. Secara keseluruhan, tidak dapat diabaikan bahwa rambut rontok adalah tanda kekurangan zat besi.

Zat besi diperlukan untuk pembentukan sel darah merah untuk membentuk hemoglobin. Ini pada akhirnya akan menyebabkan kekurangan oksigen dalam tubuh, yang diperlukan untuk rambut Anda tumbuh dan memperbaiki sendiri.

Kekurangan nutrisi ini umum terjadi pada vegan dan vegetarian. Dalam kondisi seperti itu, mereka perlu makan lebih banyak makanan kaya zat besi untuk memenuhi tingkat asupan zat besi yang direkomendasikan setiap hari.

Pada dasarnya ada dua jenis zat besi, pertama heme mengandung zat besi dalam bahan makanan hewani. Kedua, zat besi non-heme ditemukan pada bahan makanan nabati dan hewani.

Tubuh manusia dapat menyerap zat besi heme lebih baik daripada zat besi non-heme. Ini adalah alasan mengapa vegetarian membutuhkan hampir dua kali lipat jumlah zat besi dibandingkan dengan yang bukan vegetarian. Brokoli, kacang-kacangan, sayuran berdaun gelap, dan quinoa adalah beberapa makanan yang kaya zat besi.

Anda juga dapat mengonsumsi suplemen zat besi setelah berkonsultasi dengan dokter. Seperti yang dikatakan sebelumnya, zat besi tidak bisa sepenuhnya disalahkan atas kebotakan atau kerontokan rambut. Stres, penuaan, obat-obatan, perubahan hormon adalah beberapa alasan lainnya. Jadi, bahkan jika penipisan rambut Anda tidak berhubungan dengan kekurangan zat besi, tidak ada salahnya memiliki diet seimbang.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA