Thursday, 15 Zulqaidah 1440 / 18 July 2019

Thursday, 15 Zulqaidah 1440 / 18 July 2019

Lima Cara Jaga Ginjal Tetap Sehat

Rabu 26 Jun 2019 14:20 WIB

Rep: Noer Qomariah K/ Red: Indira Rezkisari

Menjaga kesehatan ginjal

Menjaga kesehatan ginjal

Foto: Ilustrasi
Memastikan hidrasi tubuh adalah cara utama jaga kesehatan ginjal.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI — Ginjal adalah salah satu organ terpenting dalam tubuh. Ginjal memainkan peran penting dalam mengeluarkan sampah tubuh dari darah dan mengatur kadar cairan.

Baca Juga

Setiap harinya ginjal menyaring sekitar 180 ml darah untuk menyaring sekitar 800 ml produk limbah dan kelebihan air. Sambil mencegah penumpukan limbah dan kelebihan cairan, ginjal juga menjaga tingkat elektrolit stabil dan menghasilkan hormon pembuat sel darah merah.

Kepala Ahli Gizi Nephro Plus Mrinal Pandit mengatakan ada lima perubahan gaya hidup sederhana yang dapat dilakukan untuk memastikan fungsi ginjal yang sehat.

Pertama, buat diri tetap terhidrasi. Seperti dilansir dari Indian Express, minum banyak air akan membantu ginjal berfungsi dengan baik.

Tubuh terhidrasi dengan baik jika air seni berwarna kuning. Jika lebih warna urin lebih gelap, itu adalah indikator untuk meningkatkan asupan cairan. Perubahan warna urin juga bisa disebabkan oleh beberapa obat.

Kurangi asupan diuretik dalam makanan karena dapat membuat produksi lebih banyak urin dan menyebabkan kehilangan natrium, serta air.

Kedua, kunjungi dokter secara teratur. Sesuai laporan, diabetes dan hipertensi menyumbang sekitar 40 sampai 60 persen kasus penyakit ginjal kronis di India.

Jika Anda memiliki riwayat tersebut, persiapkan diri secara berkala dan pertahankan angka medis di bawah batas. Dapatkan tes A1C setidaknya dua kali setahun, tetapi idealnya hingga empat kali setahun.  

Seseorang yang memiliki tekanan darah tinggi, periksakan sesering mungkin dan kendalikan untuk memastikan ginjal tetap bugar. Ikuti diet DASH untuk membantu mengurangi tekanan darah.

Ketiga, makan yang sehat. Mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang memastikan Anda mendapatkan banyak vitamin dan mineral untuk fungsi organ.

Pilih makanan alami karena lebih bergizi daripada makanan yang diawetkan. Ingatlah makan dengan baik, tetapi jangan makan berlebihan karena dapat menyebabkan obesitas.

Olahraga teratur dapat membantu menjaga tekanan darah dan kadar gula tetap terkendali. Latihan seperti berjalan, bersepeda, atau berenang juga membantu menjaga kesehatan ginjal.

Keempat, hindari obat over the counter atau obat yang dijual bebas. Hindari obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas seperti ibuprofen untuk rasa sakit sehari-hari atau pembengkakan sendi tanpa resep dokter, Obat-obatan ini dapat menyebabkan kerusakan ginjal jika dikosumsi terlalu sering dalam jangka waktu lama.

Kelima, berhenti merokok. Merokok dapat merusak pembuluh darah dan meningkatkan kemungkinan tekanan darah tinggi yang merupakan penyebab utama gagal ginjal. Orang dengan tekanan darah tinggi harus berbicara dengan penyedia layanan kesehatan mereka tentang terapi dan pengobatan berhenti merokok.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA