Rabu, 24 Safar 1441 / 23 Oktober 2019

Rabu, 24 Safar 1441 / 23 Oktober 2019

Enam Masalah Kesehatan Akibat Kecanduan Ponsel (1)

Selasa 25 Jun 2019 16:40 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Christiyaningsih

Perempuan menyetir sambil main ponsel. Ilustrasi

Perempuan menyetir sambil main ponsel. Ilustrasi

Foto: CNN
Kecanduan ponsel dapat memicu masalah kesehatan seperti tulang punggung bengkok

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ponsel menjadi hal yang tak dapat terpisahkan dari kehidupan masyarakat modern. Akan tetapi kecanduan ponsel juga dapat memicu masalah kesehatan. Beberapa masalah kesehatan yang bisa timbul seperti tulang punggung bengkok bahkan kanker. Berikut enam masalah kesehatan akibat kecanduan ponsel dilansir Straits Times.

1. Benjolan pada tengkorak kepala

Baru-baru ini para peneliti di Australia mempelajari 1.200 sinar-X orang dewasa berusia 18 hingga 30 tahun. Mereka menemukan bahwa sepertiga peserta memiliki benjolan berupa tanduk yang menonjol keluar dari tengkorak di belakang kepala. Para ahli menyimpulkan bahwa kebiasaan menunduk atau memiringkan kepala saat berselancar dengan smartphone sebagai pemicunya.

Penemuan fitur mirip tanduk yang tumbuh di tengkorak menandai dokumentasi pertama adaptasi fisiologis atau kerangka terhadap penggunaan teknologi yang berat dalam kehidupan sehari-hari. Lalu apa yang bisa dilakukan sebaga antisipasi? Pertama, cobalah mempertahankan postur yang baik dan jangan membungkuk saat menggunakan perangkat seluler. Kedua, sering-seringlah beristirahat.

2. Sindrom text neck

Sindrom ini adalah jenis cedera stres berulang yang dikaitkan dengan penggunaan ponsel yang menyebabkan rasa sakit di leher. Ini juga memengaruhi kepala, bahu, dan punggung.

Baca Juga

Saat menggunakan ponsel, leher terus-menerus dalam posisi tertekuk dengan kepala menghadap ke bawah. Ini menempatkan sejumlah besar tekanan pada bagian bawah leher.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Surgical Technology International AS, kepala manusia berbobot sekitar empat kilogram dan memiringkan kepala sebesar 30 derajat dapat memberikan tekanan seberat 18 kilogram pada tulang belakang.
 
Untuk mengantisipasi sindrom text neck bisa dilakukan dengan beberapa cara. Antara lain memegang ponsel setinggi mata untuk meredakan ketegangan leher, gunakan monitor desktop, dan melakukan peregangan untuk meningkatkan sirkulasi darah dan meredakan ketegangan.

3. Texting thumb

Gejala ini dikenal sebagai suatu kondisi peradangan pada area tendon jempol tangan dekat pergelangan tangan. Texting thumb disebabkan oleh gerakan repetisi pada tangan dan pergelangan tangan seperti saat bermain gim, mengetik, terlalu lama berselancar di ponsel, atau bahkan saat menggendong anak kecil.

Biasanya sindrom ini menyebabkan kram di ibu jari dan tangan bagian bawah. Sebagai antisipasi atau menghilangkan sindrom texting thumb, Anda dianjurkan tidak menggunakan ponsel terlalu lama dan sering-seringlah merentangkan pergelangan tangan dan lengan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA