Rabu, 14 Rabiul Akhir 1441 / 11 Desember 2019

Rabu, 14 Rabiul Akhir 1441 / 11 Desember 2019

Empat Hal yang Tampak Sepele Tapi Lemahkan Daya Tahan Tubuh

Selasa 25 Jun 2019 16:00 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Christiyaningsih

Dehidrasi (ilustrasi)

Dehidrasi (ilustrasi)

Foto: MenHealth
Daya tahan tubuh yang melemah akan memudahkan tubuh terserang penyakit

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Daya tahan tubuh merupakan benteng yang melindungi tubuh dari berbagai ancaman penyakit. Daya tahan tubuh yang melemah akan memudahkan tubuh terserang penyakit.

Daya tahan tubuh dapat menurun akibat beragam hal, mulai dari penyakit hingga gaya hidup yang tidak sehat. Dari beragam penyebab menurunnya daya tahan tubuh ini, beberapa di antaranya ternyata merupakan kebiasaan yang tampak sepele dan kerap diabaikan banyak orang.

1. Stres

Hampir semua orang pernah merasakan stres di dalam hidup mereka. Stres pada dasarnya memang dibutuhkan dalam hidup namun tidak boleh berlebihan.

Stres yang tidak terkelola dengan baik dapat memunculkan beragam gejala. Gejala-gejala ini meliputi sakit kepala, sakit di dada, rasa gelisah, hingga perasaan tegang.

"Saat stres pikiran menjadi kacau, kurang tidur, makan juga tidak benar, akhirnya imunitas kita tidak bisa bekerja dengan baik," ungkap spesialis penyakit dalam konsultan alergi imunologi dari RS Premier Bintaro, Prasna Pramitha.

2. Kurang Tidur

Daya tahan tubuh yang menurun juga bisa disebabkan oleh kurang tidur. Seperti diketahui, sel-sel di dalam darah yang bertugas melawan infeksi akan bekerja ketika tubuh tertidur. Kurang tidur dapat menyebabkan tubuh tidak dapat bekerja dengan efektif dalam melawan infeksi kuman maupun virus penyebab penyakit.

3. Kurang Nutrisi

Kekurangan asupan nutrisi dapat memengaruhi daya tahan tubuh. Karena itu, penting menjaga asupan dengan baik agar daya tahan tubuh tetap prima.

Beberapa makanan yang disarankan adalah sayur, buah, dan sumber gandum utuh. Makanan bergizi dapat mendukung sistem kekebalan tubuh dengan menyediakan vitamin, mineral, fitokimia, hingga antioksidan yang dibutuhkan tubuh untuk membentengi diri.

4. Dehidrasi

Sebagian orang mungkin tak menyangka bahwa dehidrasi atau kekurangan asupan cairan dapat memengaruhi daya tahan tubuh. Faktanya, setiap jaringan dan organ di dalam tubuh bergantung pada air. Karena itu, kekurangan cairan dapat memicu timbulnya beragam masalah termasuk menurunnya daya tahan tubuh.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA