Thursday, 15 Zulqaidah 1440 / 18 July 2019

Thursday, 15 Zulqaidah 1440 / 18 July 2019

Lindungi Kulit dari Penuaan Dini dengan Buah, Caranya?

Selasa 25 Jun 2019 12:14 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari

Blueberry

Blueberry

Foto: AP
Sejumlah buah kaya antioksidan yang melindungi kulit dari penuaan buah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seiring dengan bertambahnya usia, kulit juga akan mengalami proses penuaan secara alami. Namun proses penuaan kulit bisa semakin cepat terjadi karena beberapa pemicu yang kerap ditemukan dalam aktivitas sehari-hari.

Baca Juga

Salah satu penyebab yang dapat mempercepat proses penuaan kulit adalah paparan berlebih dari sinar ultraviolet (UV). Paparan berlebih dari sabun yang kuat, zat kimia, hingga gizi yang kurang baik juga turut berperan dalam mempercepat proses penuaan kulit.

Untuk itu, kulit memerlukan perlindungan yang optimal baik dari dalam maupun dari luar. Perlindungan ini ternyata bisa didapatkan melalui buah-buahan. Beberapa jenis buah-buahan bisa menjaga kesehatan kulit bila dikonsumsi maupun diaplikasikan langsung ke kulit.

Pendiri sekaligus direktur dari Skinella Dolly Kumar mengungkapkan setidaknya ada lima jenis buah 'super' yang dapat menjaga kesehatan sekaligus mempercantik kulit. Berikut ini adalah kelima jenis buah tersebut seperti dilansir Indian Express.

Blueberry

Buah yang memiliki cita rasa menyegarkan ini diketahui kaya akan antioksidan. Kandungan antioksidan dalam blueberry dapat melindungi kulit dari ancaman penuaan dini.

Aplikasikan blueberry di permukaan kulit untuk membantu membersihkan kulit sekaligus membuat kulit tampak segar. Kandungan vitamin C dalam blueberry juga dapat membantu produksi kolagen.

Jeruk Bali

Bukan tanpa alasan bila jeruk Bali dijuluki sebagai 'buah surga'. Jeruk Bali diketahui kaya akan vitamin A, vitamin C, mineral, dan antioksidan. Kandungan-kandungan ini dapat meningaktkan kesehatan kulit secara kesleuruhan, membantu menyegarkan kulit sekaligus membuat kulit tetap kencang dan lembut.

Tak hanya itu, jeruk bali juga diketahui mengandung kalium. Kalium dalam jeruk bali dapat memberi perlindungan terhadap paparan sinar UV. Karena itu, tak ada salahnya menambahkan jeruk Bali ke dalam pengaturan pola makan.

Jeruk Mandarin

Jeruk Mandarin dikenal kaya akan vitamin C yang baik untuk kulit. Manfaat jeruk Mandarin bisa didapatkan baik dengan mengonsumsinya secara langsung atau mengaplikasikannya ke kulit.

Antioksidan di dalam jeruk Mandarin juga dapat melindungi kulti dari paparan sinar UV. Dengan begitu, kulit dapat terhidar dari risiko kerusakan yang mungkin disebabkan oleh sinar UV dan radikal bebas.

Jeruk Mandarin juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan komedo maupun mengatasi jerawat. Cukup aplikasikan sari jeruk Mandarin ke area-area kulit yang berkomedo atau berjerawat.

Jambu Biji Merah Muda

Biji-biji kecil di jambu biji merah muda ternyata dapat dimanfaatkan sebagai scrub untuk mengeskfoliasi kulit. Jambu biji juga dapat meringankan keluhan jerawat maupun noda hitam di kulit.

Untuk mengatasi jerawat dan noda hitam, tambahkan air ke daun jambu biji lalu tumbuk hingga halus. Oleskan tumbukan daun jambu biji dan air ini ke area yang berjerawat atau bernoda hitamselama beberapa menit. Setelah itu tepuk-tepuk dan bersihkan dengan handuk halus. Ulangi proses ini selama beberapa hari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Tak hanya itu, jambu bij juga dikenal kaya akan vitamin A, vitamin C, dan antioksidan seperti karoten dan likopen. Kandungan-kandungan ini dapat membatu mencegah timbulnya kerutan pada kulit.

Cranberry

Buah berwarna merah ini diketahui kaya akan vitamin B3, vitamin B5, dan antioksidan. Kandungan-kandungan ini dapat melindungi kulit dari beragam bahaya yang disebabkan olehf aktor lingkungan.

Cranberry juga tak hanya dapat membantu membersihkan serta menyehatkan kulit, tetapi juga dapat mencegah penuaan dini kulit. Sifat antiinflamasi dan antivirus pada cranberry juga dapat membantu mengatasi masalah jerawat.

Kandungan vitamin C yang tinggi pada cranberry juga dapat dimanfaatkan untuk menyamarkan bekas luka. Penggunaan cranberry juga dapat menurunkan dampak radikal bebas yang membuat kulit tampak kusam, kendur, dan kering.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA