Kamis, 25 Safar 1441 / 24 Oktober 2019

Kamis, 25 Safar 1441 / 24 Oktober 2019

Facebook Buat Fitur Donor Darah

Jumat 14 Jun 2019 02:50 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Muhammad Hafil

Facebook

Facebook

Foto: EPA
Fitur baru ini memungkinkan pengguna untuk mendaftar menjadi pendonor darah.

REPUBLIKA.CO.ID, CHICAGO -- Facebook tidak lagi hanya tempat untuk terhubung dengan orang-orang saja. Perusahaan raksasa media sosial ini sekarang ingin membuat pengguna lebih mudah terhubung dengan bank darah juga.

Facebook meluncurkan fitur donor darah di Amerika Serikat untuk membantu pengguna menemukan tempat untuk mendonorkan darah pada Rabu (12/5). Fitur ini akan membantu untuk memberitahu pengguna ketika pusat donor darah terdekat mungkin membutuhkan.

Fitur baru ini memungkinkan pengguna untuk mendaftar menjadi pendonor darah di bagian "tentang" di profil akun. Orang yang sudah mencantumkan kesediaan akan menerima pemberitahuan dari pusat donor darah.

"Di lima kota AS, kami akan menempatkan pemberitahuan tepat di atas News Feed, meminta orang untuk mendaftar jika mereka mau," kata chief operating officer Facebook Sheryl Sandberg, dikutip dari CNN, Jumat (14/6).

Kota-kota yang akan mendapatkan akses untuk menerima pendonor dari Facebook adalah Chicago, New York, San Francisco, Baltimore dan Washington. Namun,  fitur tersebut akan diluncurkan secara nasional dalam beberapa bulan mendatang.

"Lalu, jika ada kekurangan darah di kota Anda, mitra kami seperti Palang Merah Amerika dapat memberi tahu Anda dan memberi Anda kesempatan untuk menyumbang. Kami pikir, ini adalah kesempatan bagi kami untuk membantu orang berkontribusi satu sama lain dengan cara yang sangat penting," kata Sandberg.

Menurut Sandberg, fitur terbaru ini akan mengubah sistem perbankan darah. Alat donor darah serupa telah diluncurkan di India, Pakistan, Brasil dan Bangladesh. Lebih dari 35 juta orang telah mendaftar untuk menjadi donor darah di Facebook di negara-negara di mana fitur donasi tersedia.

"Ini benar-benar dapat mengubah sistem perbankan darah di Amerika," kata  wakil presiden senior Palang Merah Amerika Cliff Numark.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA