Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Ini Kiat dan Risiko Ikuti Diet Es Batu

Jumat 07 Jun 2019 04:10 WIB

Rep: Umi Soliha/ Red: Christiyaningsih

Mengunyah es batu (ilustrasi)

Mengunyah es batu (ilustrasi)

Foto: Boldsky
Diet es batu punya kiat dan risiko tertentu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan. Saat ini dikenal pula metode diet es batu. Brian Weiner, ahli gastroenterologi telah membuat rencana penurunan berat badan yang disebut diet es yang melibatkan konsumsi es batu.

Menurut buku The Ice Diet oleh Brian Weiner, diet es melibatkan konsumsi es batu dalam jumlah besar. Konsumsi es batu ini mencapai setidaknya satu liter sehari diklaim bisa membantu individu menurunkan berat badan.

Dikutip dari Boldsky, buku ini tidak menjelaskan metode atau cara yang harus ditempuh seseorang untuk mengikuti diet es. Karena itu, yang disebutkan di bawah adalah cara yang berbeda di mana seseorang dapat memasukkan es ke dalam makanan sehari-hari mereka.

1.    Es batu dalam teh

Menjadi penghambat nafsu makan alami, es batu bermanfaat untuk menurunkan berat badan secara efektif. Anda dapat menambahkan es batu dalam teh hijau atau es teh karena penggabungan kafein dengan es dapat meningkatkan sistem penurunan berat badan.

2. Kunyah es setelah makan

Setelah mengonsumsi makanan, kunyah satu atau dua es batu. Ini tidak hanya akan membantu mengurangi berat badan tetapi juga membantu membatasi asupan makanan Anda. Namun, diet es tidak mengharuskan individu untuk mengurangi asupan makanan seperti biasa. Tetapi pada kenyataannya, membatasi konsumsi yang tidak diinginkan dan ekstra perlu juga dilakukan.

3. Es batu dalam air

Saat mengikuti diet es, salah satu cara terbaik untuk memasukkan es batu ke dalam makanan sehari-hari adalah dengan menambahkan es batu ke dalam air. Setiap kali Anda minum air, tambahkan dua hingga tiga kubus es.

4. Es yang dihancurkan

Salah satu cara lain adalah dengan menghancurkan es setiap kali Anda merasa lapar. Ini dapat membantu mengendalikan keinginan Anda. Beberapa cara lain untuk menggunakan es batu untuk menurunkan berat badan adalah sebagai berikut:

1. Menyimpan sebungkus es di pinggang

Ambil beberapa es batu dan bungkus di sekitar pinggang. Simpan selama sekitar 10-15 menit. Banyak energi yang digunakan selama proses pelelehan es batu yang pada gilirannya membantu membakar lemak dan membantu penurunan berat badan.

2. Mandi air es dingin

Ini membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan dengan demikian membantu penurunan berat badan. Anda dapat menambahkan jumlah es batu yang diinginkan ke dalam ember air.

Terlepas dari kemungkinan manfaatnya, ada beberapa efek samping dari mengikuti diet es batu. Ada kemungkinan berat badan kembali bertambah setelah Anda menghentikan diet es.

Mengunyah es secara terus-menerus bisa berbahaya bagi gigi. Es dapat merusak enamel dan dentin serta membuat gigi rentan rusak dan berlubang.

Baca Juga

Terlalu banyak es bisa mengganggu fungsi organ-organ tertentu. Jangan makan es batu dalam kondisi cuaca yang sangat dingin dan sangat panas.

Kesimpulannya, diet es tidak mengharuskan seseorang untuk melepaskan kebiasaan makan mereka dan beralih ke diet serba es. "Saya tidak menyarankan agar orang hanya makan es dan produk-produk berbasis es. Konsumsi es dan makanan dingin adalah tambahan yang sangat efektif untuk berolahraga dan diet sehat," kata Weiner.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA