Wednesday, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Wednesday, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Diet Es Batu Diklaim Bisa Turunkan Berat Badan

Jumat 07 Jun 2019 04:02 WIB

Rep: Umi Soliha/ Red: Christiyaningsih

Es batu/ilustrasi

Es batu/ilustrasi

Foto: dreamstime.com
Es batu tidak hanya menghilangkan dahaga tetapi juga membantu menurunkan berat badan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan. Saat ini dikenal pula metode diet es batu. Apa itu diet es batu? Tambahkan satu sampai dua es batu ke dalam segelas air lalu minumlah air es.

Cara ini tidak hanya menghilangkan dahaga tetapi juga membantu menurunkan berat badan. Bagaimana mungkin hal itu bisa terjadi? Brian Weiner, ahli gastroenterologi telah membuat rencana penurunan berat badan yang disebut diet es yang melibatkan konsumsi es batu. Tujuan diet es batu yakni menurunkan berat badan.

Menurut buku The Ice Diet oleh Brian Weiner yang dikutip Boldsky, diet es melibatkan konsumsi es batu dalam jumlah besar. Konsumsi es batu ini mencapai setidaknya satu liter sehari diklaim bisa membantu individu menurunkan berat badan.

Idealnya, yang terbaik adalah makan dua atau tiga kali sehari jika Anda orang yang aktif secara fisik. Hampir semua metode diet menyarahkan untuk menghindari ngemil. Demikian juga diet es batu. Diet ini menganjurkan konsumsi rempah-rempah ataupun makanan yang tidak mengandung kalori tinggi.

Diet tersebut mendorong penggabungan diet sehat bersama dengan diet es agar tubuh tidak menjadi lemah atau kurang gizi. Menurut Weiner mengkonsumsi es batu dapat membantu meningkatkan dan meningkatkan metabolisme karena tubuh membutuhkan banyak energi untuk melelehkan es. Artinya, dalam proses membakar sejumlah besar energi kandungan lemak dalam tubuh juga berkurang.

Konsekuensinya, mengonsumsi es batu dalam jumlah besar menyebabkan rasa kenyang dan mengisi ruang di perut. Dengan demikian konsumsi makanan juga akan berkurang.

Baca Juga

Mengkonsumsi satu liter es batu membakar sekitar 160 kalori. Diet es meningkatkan penurunan berat badan dengan meningkatkan tingkat metabolisme basal tubuh. Saat menelan satu liter es batu yang secara alami dingin, tubuh akan diminta untuk membakar energi untuk menghangatkan es agar menjadi sama dengan suhu tubuh kita.

Saat mengonsumsi makanan dingin, tubuh mengeluarkan energi untuk menyeimbangkan suhu tubuh dan suhu makanan yang dikonsumsi. Mengikuti diet es diklaim dapat membantu mengurangi berat badan setidaknya satu kilo per bulan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA