Wednesday, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Wednesday, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Masalah Kulit di Usia Senja

Senin 17 Jun 2019 11:20 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda

Wanita melakukan perawatan kulit di klinik kecantikan.

Wanita melakukan perawatan kulit di klinik kecantikan.

Foto: Republika/Darmawan
Di usia senja, kulit masih bisa dirawat dan diperbaiki kondisinya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak jarang orang mengalami masalah kulit yang itu-itu saja, meski sudah memasuki usia senja. Masalah yang dihadapi sering kali sama seperti saat remaja, semisal kulit kusam, jerawat, minyak, dan komedo.

Dr.Olivia Ong dari Jakarta Aesthetic Clinic (JAC) mengatakan, kulit pada orang yang sudah tua bukan berarti tidak bisa dirawat. Memang, untuk usia yang tak lagi muda, perlu ada tambahan tertentu dalam perawatan dibandingkan dengan kulit yang masih muda.

"Selalu ada harapan, usia tua tetap bisa dirawat, diperbaiki, pasien kami saja ada yang usia 90 tahun dan merasa percaya diri," ujar Olivia di Jakarta.

Dalam proses penuaan, menurut Olivia, akan ada kulit yang lepas. Saat lepas, kulit mudanya harus tumbuh lagi.

Baca Juga

"Tetapi, siklus kulit usia tua itu sudah memanjang, jadi lebih lama regenerasinya," jelas Olivia.

Saat terjadi regenerasi, sel kulit mati akan rontok. Seharusnya kulit mati terangkat total dari lapisan kulit, tetapi jika kondisi kulit di usia tua tidak terawat, maka efeknya menjadi kusam berkepanjangan.

Kulit kusam tentu bisa diakibatkan banyak faktor, salah satunya polusi udara. Masalah kulit lainnya juga bisa timbul akibat mengonsumsi makanan tertentu bergantung setiap individu.

"Nah karena ada penumpukkan kotoran bulan demi bulan, tahun ke tahun jadi kan nggak bisa hilang dengan sabun biasa," ujarnya.

Menurut Olivia, proses peeling bisa menjadi salah satu solusinya. Tentunya, tiap orang akan membutuhkan produk perawatan yang berbeda sesuai jenis kulitnya.

"

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA