Saturday, 20 Safar 1441 / 19 October 2019

Saturday, 20 Safar 1441 / 19 October 2019

5 Jenis Makanan Terbaik untuk Pengidap Asma

Selasa 18 Jun 2019 03:25 WIB

Rep: Muhammad Tiarso Baharizqi/ Red: Dwi Murdaningsih

Asma (ilustrasi)

Asma (ilustrasi)

Berbagai jenis makanan bisa mengelola asma secara efektif.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Asma adalah jenis penyakit jangka panjang atau kronis pada saluran pernapasan. Asma ditandai dengan peradangan dan penyempitan saluran napas yang menimbulkan sesak atau sulit bernapas.

Baca Juga

Pengidap asma haruslah memakan makanan seimbang yang meliputi buah-buahan dan sayuran segar. Namun, perlu diingat bahwa makanan tertentu juga menyebabkan alergi yang dapat memicu gejala asma.

Intoleransi makanan dan alergi makanan terjadi ketika sistem kekebalan tubuh bereaksi berlebihan terhadap protein spesifik dalam makanan yang dapat menyebabkan gejala asma. Makanan yang mengandung vitamin A, vitamin D, beta-karoten, magnesium, asam lemak omega 3, dan vitamin dan mineral lainnya membantu mengelola asma secara efektif.

Berikut ulasannya seperti dikutip dari Boldsky.com, Senin (17/6).

Apel
Apel kaya akan vitamin A, vitamin C, dan magnesium yang mencegah asma. Menurut sebuah studi penelitian di Nutrition Journal, apel mengurangi risiko asma dan meningkatkan fungsi paru-paru.

Buah-buahan dan sayuran
Makan berbagai buah-buahan dan sayuran dapat menurunkan gejala asma karena mengandung antioksidan seperti vitamin C, vitamin E, dan beta-karoten. Mengonsumsi makanan berwarna pelangi seperti buah dan sayuran berwarna oranye, merah, coklat, kuning, dan berwarna hijau tidak hanya akan memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda, tetapi juga akan menurunkan tingkat serangan asma.

Asam lemak omega
Makanan yang kaya akan asam lemak omega 3 seperti salmon, sarden, tuna dan beberapa sumber nabati seperti biji rami dan kacang-kacangan harus menjadi bagian dari makanan anda apabila mengidap asma. Menurut American Journal of Respiratory and Critical Care Medicine, makan makanan yang kaya asam lemak omega 3 mengurangi keparahan asma dan melindungi efek berbahaya dari polusi dalam ruangan pada anak-anak.

Pisang
Pisang dipercaya dapat mengurangi mengi (suara bernada tinggi) pada anak-anak dengan asma karena kandungan antioksidan dan kalium yang kaya dalam buah, menurut sebuah survei yang diterbitkan dalam European Respiratory Journal. Mengkonsumsi pisang akan membantu meningkatkan fungsi paru-paru pada anak-anak penderita asma.

Makanan kaya vitamin D
Sumber makanan vitamin D termasuk susu, jus jeruk, salmon, dan telur, dapat menurunkan jumlah serangan asma pada anak usia 6 hingga 15. Vitamin D dikenal untuk mengurangi infeksi saluran pernapasan atas dan memperbaiki paru-paru fungsi pada anak-anak dan orang dewasa dengan asma.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA