Friday, 19 Safar 1441 / 18 October 2019

Friday, 19 Safar 1441 / 18 October 2019

Cara Mengatasi Gatal yang Melanda Kaki pada Malam Hari

Senin 17 Jun 2019 10:30 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Reiny Dwinanda

Gatal di kaki (ilustrasi)

Gatal di kaki (ilustrasi)

Foto: telegraph.co.uk
Kenali penyebab dan cara mengatasi gatal yang melanda kaki pada malam hari.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON — Selain suara yang berisik, kaki yang gatal dapat mengganggu tidur. Pada akhirnya, seseorang bisa saja terjaga untuk terus-menerus menggaruk kaki.

Co-director Center for the Study of Itch di Washington University School of Medicine, Brian S Kim mengatakan, masalah gatal pada orang yang jarang terganggu di malam hari tidak sesederhana itu. Namun, belum jelas apa jawaban dari gangguan itu. Hanya saja, ada satu teori baru, bahwa rasa gatal di malam hari bisa merupakan akibat dari ritme sirkadian yang berubah di malam hari.

“Saya menjadi sangat spekulatif di sini, tetapi jika Anda tidak bergerak sama sekali di malan hari, Anda mungkin lebih rentang terkena kutu atau bahkan digigit nyamuk,” ujar Dr Kim, seperti yang dilansir Mens Health, Senin (17/6).

Selanjutnya, ada beberapa hal yang menyebabkan kaki seseorang merasa gatal. Pertama, kaki atlet. Dokter akan memeriksa jari-jari kaki untuk melihat apakah ada kemerahan, kulit yang retak, mengelupas, atau bersisik. Sebab, itu menunjukkan kaki atlet dan pengobatannya termasuk menjaga kaki sekering mungkin serta menggunakan produk anti jamur.

Kedua, kulit kering. Asisten profesor dermatologi di Johns Hopkin Medicine, Shawn Kwatra, MD mengatakan seiring bertambahnya usia, lapisan kulit memiliki sedikit kemampuan menahan air. Selain itu, kulit kaki dapat menebal dan kering karena berjalan sepanjang hari.

“Semua itu menambah rasa gatal di kaki. Bantu hentikan itu dengan mengoleskan krim pelembab,” ujar Kwatra.

Ketiga, eksim dan psoriaris. Ini biasanya membuat seluruh tubuh terasa gatal. Ada juga masalah medis lainnya seperti kerusakan saraf yang disebabkan oleh diabetes yang tidak terkendali. Sering kali, menurut Kwatra, gatal pada tubuh dapat menjadi pertanda penyakit yang tidak hanya ada di kaki.

“Tidak setiap kaki gatal akan menjadi tanda masalah besar, tetapi jika kaki gatal adalah masalah lama bagi Anda, segera periksakan diri,” katanya.

Sisi lain, ada beberapa cara sederhana untuk menghentikan rasa gatal di kaki pada malam hari. Cobalah menggunakan pelembab jika kaki terasa kering.

Pertimbangkan juga produk dengan kandungan mentol. Sensasi dingin yang didapatkan dari mentol dapat membantu menghilangkan gatal.

Lantas, kelola stres. Kemungkinan rasa gatal bisa muncul saat cemas dan stres.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA