Wednesday, 14 Rabiul Akhir 1441 / 11 December 2019

Wednesday, 14 Rabiul Akhir 1441 / 11 December 2019

Dua Jam di Alam Setiap Pekan Bisa Tingkatkan Kesehatan

Senin 17 Jun 2019 04:24 WIB

Rep: Mimi Kartika/ Red: Israr Itah

Orang-orang di taman kota (ilustrasi).

Orang-orang di taman kota (ilustrasi).

Foto: Republika/Hartifiany Praisra
Semakin banyak orang mengisi ruang dalam tempat tinggal dengan tanaman hijau.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bukan rahasia lagi bahwa manusia kini sedikit terobsesi dengan tanaman. Semakin banyak orang mengisi ruang dalam tempat tinggal dengan tanaman hijau, kaktus salah satunya.

Ternyata, merawat tanaman menjadi keajaiban bagi kesejahteraan manusia. Dikutip Stylist, berdasarkan ilmu pengetahuan, tak ada hal yang lebih ajaib di alam yang juga mengelilingi manusia selain tumbuhan.

Hanya dua jam berada di luar menikmati alam setiap pekannya dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan Anda. Penelitian baru dari University of Exeter Medical School menunjukkan bahwa menghabiskan lebih dari dua jam di alam satu pekan dapat membantu Anda merasa lebih sehat baik jasmani dan rohani.

"Apakah itu duduk di bangku di taman di daerah tempat tinggal Anda atau berjalan kaki di pedesaan," ungkap penelitian tersebut.

Hasil penelitian memperlihatkan hasil yang positif. Sejumlah orang yang diteliti berasal dari latar belakang berbeda mulai dari ragam usia, jenis kelamin, etnis ataupun latar belakang sosial ekonomi

Orang dengan penyakit atau cacat jangka panjang dilaporkan mengalami peningkatan ketika mereka menggunakan waktu dua jam di alam yang direkomendasikan. Penelitian ini juga mengungkapkan tentang mereka yang tinggal dikelilingi ruang hijau.

Hasil penelitian menyarankan, tinggal dengan pepohonan hijau tak lantas meningkatkan kesehatan seseorang. Anda harus terpapar langsung dengan alam bila ingin menerima dorongan yang sangat penting bagi kesehatan dan kesejahteraan Anda.

Mungkin di antara kalian cukup sulit menyisihkan dua jam di akhir pekan untuk menikmati alam. Oleh karena itu, sebagai langkah pertama yang baik, Anda bisa meluangkan waktu makan siang di taman terdekat.

Penelitian menunjukkan tidak masalah cara mencapai dua jam di alam itu. Dua jam bisa dibagi beberapa menit setiap hari atau sekaligus dua jam dalam sehari. Anda cenderung mendapatkan manfaat yang sama.

Selain itu, jika memiliki waktu yang cukup, mendatangi kebun raya menjadi pilihan yang bagus. Ketika Anda tak mau terpapar matahari terlalu banyak atau takut kehujanan, Anda dapat berlindung di rumah kaca yang ada di kebun raya sambil tetap menikmati alam.

Namun, walaupun hujan Anda juga bisa menggunakan jas hujan. Dengan cara ini, bisa saja suasana hati secara ajaib muncul. Pokoknya, Anda harus menikmati udara bebas dengan pepohonan di sekeliling di sela-sela kesibukan sehari-hari.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA