Thursday, 25 Safar 1441 / 24 October 2019

Thursday, 25 Safar 1441 / 24 October 2019

Lima Kesalahan tentang Kesehatan yang tidak Kita Sadari

Senin 27 May 2019 19:12 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Christiyaningsih

Sikat gigi

Sikat gigi

Foto: mirror.co.uk
Ada beberapa aktivitas yang mungkin tidak kita sadari dapat merusak kesehatan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap orang ingin selalu sehat setiap hari. Akan tetapi ada beberapa kesalahan perihal kesehatan yang masih dilakukan tanpa disadari. Setidaknya ada lima perilaku yang mungkin kerap kita lakukan namun tak disadari dapat membahayakan kesehatan. Berikut lima kesalahan dalam menjaga kesehatan dilansir Reader’s Digest.

1. Duduk terlalu lama

Banyak penelitian baru menunjukan kerusakan kesehatan terhadap tubuh karena duduk terlalu lama. Pendiri LabFinder.com, Robert Segal, mengatakan duduk sepanjang hari di belakang meja atau di depan televisi tidak hanya merusak postur tubuh. Kebiasaan ini juga meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

Cara untuk mencegahnya adalah dengan hanya menghabiskan waktu aktif sepanjang hari. “Bahkan jika Anda hanya berjalan-jalan pendek selama makan siang atau setelah bekerja, terimalah panggilan sambil berdiri di kantor,” ujar Segal.

2. Memanggang makanan

Memanggang mungkin cara yang rendah kalori untuk memasak makanan. Tetapi memanggang makanan tetap punya sisi buruk. Mary Mosquera Cochran dari Pusat Medis Universitas Negeri Ohio mengatakan potongan yang hangus mungkin mengandung senyawa pemicu kanker yang disebut amina heterosiklil dan amina aromatik poliklik.

Agar memanggang lebih aman, batasi waktu pemanggangan dengan mencairkan daging terlebih dulu. Pertimbangkan untuk membuat kebab sebagai ganti potongan daging besar untuk mengurangi waktu memasak.

Pangkas lemak yang terlihat untuk mencegah lemak menetes ke bara dan mengeluarkan asap. “Gunakan rendaman yang mengandung cuka atau jus lemon. Sering-seringlah membalikkan daging panggang untuk mencegah cairan yang menetes,” kata Cochran.

3. Menumpuk daftar pekerjaan yang harus dilakukan

Asisten Direktur Medis di Doctor on Demand, Kristin Dean, mengatakan untuk menjalani hidup yang panjang dan sehat seseorang perlu waktu untuk menghilangkan stres setiap hari.

Kadar kortisol meningkat dengan stres kronis dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Termasuk di dalamnya penambahan berat badan, penyakit jantung, kecemasan, depresi, masalah konsentrasim, dan masalah pencernaan.

“Lain kali jika Anda merasa perlu bernafas, berhentilah dan luangkan waktu untuk diri sendiri dan orang yang Anda cintai,” kata Dean.

4. Langsung sikat gigi setelah makan

Menyikat gigi tepat setelah makan justru bisa merusak lapisan pelindung gigi. Terutama jika sudah makan sesuatu yang asal seperti jus jeruk atau kopi. Sebagai gantinya, bilas dengan air dan tunggu sekitar 40 menit.

5. Andalkan suplemen untuk mengobati penyakit

Pasti ada saatnya seseorang menggunakan suplemen dan perawatan alami untuk penyakit. Tetapi ada beberapa orang yang melakukannya terlalu jauh.

“Kesalahan kesehatan umum yang dilakukan pasien adalah mengonsumsi suplemen minyak ikan daripada resep untuk mengobati medis serius, seperti ketika mereka didiagnosis dengan trigliserida tinggi,” ujar anggota fakultas di Divisi Kardiovaskular Brigham and Women’s Hospital, Harvard Medical School di Boston, Preston Mason.

Ia sering menemukan suplemen minyak ikan yang tengik dan mengandung bahan-bahan lain seperti lemak jenuh yang dapat meningkatkan kolesterol jahat (LDL). Orang-orang mungkin benar-benar membahayakan diri mereka sendiri ketika berpikir minyak ikan membantu memerangi penyakit jantung.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA