Selasa, 22 Syawwal 1440 / 25 Juni 2019

Selasa, 22 Syawwal 1440 / 25 Juni 2019

Pentingnya Protein Bagi Kesehatan Otot

Senin 27 Mei 2019 09:00 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari

Ikan tuna,  salah satu bahan pangan sumber protein.

Ikan tuna, salah satu bahan pangan sumber protein.

Foto: Flickr
Diet yang kekurangan protein dapat mempercepat keausan otot.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kesehatan otot yang baik sangat penting untuk menjalani hidup yang sehat. Sebab, otot penting untuk fungsi seperti mempertahankan postur dan posisi tubuh, mengangkat benda, dan kegiatan seperti berlari, bersepeda, berenang.

Baca Juga

Interaksi massa otot dan massa lemak dalam tubuh menentukan kesehatan metabolisme keseluruhan individu. Untuk itu menjaga kesehatan otot sama pentingnya dengan melindungi kondisi tubuh bagian lainnya.

Kepala ilmu gizi dan urusan medis Danone India Dr Nandan Joshi menjelaskan, kesehatan otot yang baik adalah kombinasi dari massa otot yang baik, kekuatan dan daya tahan. Diet yang kekurangan protein dapat mempercepat keausan otot, artinya penting untuk mengisi kembali kadar protein setiap hari. Rata-rata orang dewasa membutuhkan sekitar 55 gram protein per hari.

Mengonsumsi protein berkualitas dalam jumlah yang cukup sangat penting. Sebagai contoh, sumber protein vegetarian memiliki jumlah yang lebih rendah dari salah satu asam amino lisin, treonin atau metionin, dan penting untuk makan makanan tertentu dalam kombinasi untuk mendapatkan semua asam amino esensial.

Ada kelompok makanan tertentu yang diperkaya dengan jumlah protein yang tinggi dan mengonsumsi makanan ini diperlukan untuk memenuhi kebutuhan protein. Berikut ini beberapa sumber protein umum yang harus dimasukkan dalam makanan, dikutip dari Indian Express.

Makanan laut

Istilah seafood atau makanan laut meluas hingga mencakup semua organisme akuatik yang dapat dimakan. Paling umum digunakan untuk merujuk pada ikan yang merupakan sumber protein tinggi, biasanya 100 gram ikan mengandung 20 gram protein.

Telur

Jenis makanan ini terkenal sebagai sumber protein termurah. Telur mudah ditemukan dan dapat dikonsumsi dengan berbagai cara. Satu telur memiliki 6-7 gram protein dan protein ini dianggap sebagai protein berkualitas baik.

Susu, Keju, dan Yogurt

Susu dan produk susu seperti yogurt adalah sumber protein yang sangat baik. Dengan 100 ml susu mengandung tiga gram protein. Mengingat sifatnya di mana-mana, susu ditemukan di setiap dapur dan dapat diubah menjadi produk seperti yogurt dan bisa dikombinasikan dengan berbagai jenis makanan.

Ayam

Ayam dianggap sebagai sumber protein yang kaya. Dengan 100 gram daging ayam ini, mengandung 22 gram protein. Protein yang ada dalam ayam dianggap lengkap karena mengandung semua asam amino yang ada dalam protein.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah sumber protein kuat, terutama bagi orang yang mencari alternatif makanan non-vegetarian. Kacang-kacangan biasanya dikonsumsi oleh orang Asia setiap hari, karena mendampingi makanan pokok.

Terlebih lagi, kacang-kacangan pun murah dan mudah ditemukan di mana saja. Dengan mengonsumsi secara rutin, jenis tumbuhan ini menawarkan berbagai manfaat kesehatan termasuk menyediakan protein dan serat. Jumlah protein hadir dalam kacang-kacangan bervariasi sesuai dengan jenisnya, namun, secara kasar 22 gram protein untuk 100 gram kacang-kacangan.

Suplemen Protein

Kebutuhan protein tubuh sering tidak terpenuhi oleh pola makan sehari-hari. Itu sebabnya disarankan untuk menyertakan suplemen protein yang akan membantu menjembatani kesenjangan ini.

Seringkali dirasakan suplemen hanya untuk pembangun tubuh karena mereka membutuhkan intervensi diet tambahan untuk protein, namun, anggapan tersebut tidak benar. Protein dibutuhkan untuk semua orang, hanya saja dengan kadar dan pola yang berbeda.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA