Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Lima Manfaat tak Terduga dari Lemon

Rabu 22 May 2019 19:03 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Christiyaningsih

Buah lemon.

Buah lemon.

Foto: Flickr
Lemon memiliki banyak manfaat salah satunya untuk kecantikan

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Makanan dan minuman yang berbahan dasar lemon bisa jadi terdengar sangat lezat. Namun tak hanya itu, ternyata buah bulat berwarna kuning tersebut memiliki banyak manfaat. Salah satunya untuk kecantikan. Dikutip dari Women's Health Mag, berikut lima manfaat lemon untuk kecantikan dan kesehatan.

1. Pelembap yang menjernihkan

Campur beberapa tetes air kelapa dan dengan beberapa tetes jus lemon. Air kelapa akan melembapkan kulit dan lemon akan membersihkan serta mencerahkan kulit.

Lemon memiliki sifat anti bakteri yang kuat. Jika Anda memiliki kulit sensitif, lakukan tes kecil dengan cara menempelkan pada kulit terlebih dahulu.

2. Menghilangkan minyak di wajah

Asam sitrat yang terkandung dalam lemon bekerja sebagai zat alami menghentikan minyak di wajah. Tambahkan beberapa tetes jus lemon ke kapas lalu usap ke wajah. Kemudian cuci wajah untuk menghilangkan kotoran tersebut.

3. Mengelupas kulit mati di bibir

Campurkan sedikit jus lemon dengan gula aren untuk membuat scrub bibir. Kandungan AHA akan bekerja sebagai eksfoliator kimia untuk melonggarkan sel-sel kulit mati. Sedangkan gula akan bekerja sebagai eksfoliator untuk mengelupas kulit-kulit mati.

“Satu peringatan, jika Anda sudah memiliki bibir pecah-pecah yang parah jangan coba-coba ini,” kata seorang dokter kulit Gary Goldfaden.

4. Penguat kuku

Apakah Anda terlalu banyak menggunakan gel manikur? Buat campuran minyak zaitun dengan jus lemon dan rendam kuku Anda. Ini adalah ramuan terbaik untuk kuku kering dan rapuh. Ramuan ini juga membantu memperbaiki kuku yang sudah menguning.

5. Pewarna rambut alami

Oleskan sebelum rambut Anda terkena sinar matahari untuk mendapatkan warna kecokelatan. Untuk efek ombre yang trendi, fokus oleskan jus lemon tepat di ujung rambut.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA