Selasa, 22 Syawwal 1440 / 25 Juni 2019

Selasa, 22 Syawwal 1440 / 25 Juni 2019

Perempuan Polandia Lahirkan Enam Anak Kembar

Rabu 22 Mei 2019 10:30 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda

 Salah satu bayi Polandia yang lahir kembar enam berada dalam kondisi sehat dan ditempatkan di inkubator untuk mendukung pertumbuhannya di University Hospital, Krakow, Selasa.

Salah satu bayi Polandia yang lahir kembar enam berada dalam kondisi sehat dan ditempatkan di inkubator untuk mendukung pertumbuhannya di University Hospital, Krakow, Selasa.

Foto: AP
Sextuplet alias kelahiran kembar enam baru kali pertama terjadi di Polandia.

REPUBLIKA.CO.ID, WARSAW -- Seorang perempuan berusia 29 tahun melahirkan enam bayi di Polandia, Senin (20/5) lalu waktu setempat. Ini merupakan kasus sextuplet pertama di Polandia. Sang ibu yang bernama Klaudia Marzec dan enam buah hatinya yang baru lahir pun dilaporkan dalam kondisi baik-baik saja.

Dari keenam bayi yang dilahirkan, empat di antaranya perempuan. Persalinan dilakukan melalui operasi caesar di Rumah Sakit Universitas di Krakow di Polandia selatan, dilansir AP, Rabu (22/5).

Persalinan terjadi pada pekan kehamilan ke-29. Bayi-bayi itu memiliki berat badan berkisar dari 890 gram hingga 1.300 gram.

Juru bicara rumah sakit Maria Wlodkowska mengatakan, keenam bayi itu dalam kondisi sehat setelah lahir, akan tetapi mereka ditempatkan di inkubator untuk membantu pertumbuhannya. Diketahui hanya ada satu kasus dari hampir lima miliar kehamilan yang berpotensi sextuplet.

"Ini adalah pertama kalinya di Polandia untuk sextuplet dan jarang terjadi di dunia," kata kepala bangsal neonatologi rumah sakit, Prof Ryszard Lauterbach.

Kelahiran ini sebenarnya terbilang mengejutkan dikarenakan dokter rumah sakit mengira hanya akan lahir lima bayi dari pasangan Klaudia dan Szymon Marzec. Ada lima tim yang menangani dengan lima inkubator yang siap menunggu. Akan tetapi ternyata satu bayi keluar lagi.

Berbagai pihak bereaksi atas kejadian ini. Contohnya Presiden Andrzej Duda yang juga memberi selamat kepada orang tua dan para dokter rumah sakit melalui akun Twitter. Ada pula klub sepak bola setempat, Cracovia, yang telah menawarkan langganan tiket seumur hidup untuk bayi-bayi tersebut.

Keenam bayi itu juga memiliki kakak laki-laki yang sudah berusia 2,5 tahun bernama Oliwier. Si kembar enam kabarnya akan dinamai Filip, Tymon, Zofia, Kaja, Nela, dan Malwina.

Pada 2018, di rumah sakit yang sama juga pernah menangani persalinan kembar lima anak. Lahir pada pekan kehamilan ke-26, berat badan bayi masing-masing berkisar antara 570 gram hingga 800 gram.

Sumber : Reuters
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA