Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Kenali Terapi Forest Bathing yang Diadopsi Kate Middleton

Selasa 21 May 2019 13:10 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Christiyaningsih

Ratu Elizabeth II mengunjungi kebun 'Back to Nature' bersama Duchess of Cambridge Kate Middleton di RHS Chelsea Flower di Royal Hospital Chelsea, London, Senin (21/5).

Ratu Elizabeth II mengunjungi kebun 'Back to Nature' bersama Duchess of Cambridge Kate Middleton di RHS Chelsea Flower di Royal Hospital Chelsea, London, Senin (21/5).

Foto: AP
Forest bathing adalah hiburan sederhana dengan berada di tengah hutan

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Kate Middleton baru saja selesai membantu mendesain Chelsea Garden dan hasilnya diposting di akun Instagram Istana Kensington. Rupanya taman ini hadir karena terinspirasi dari forest bathing atau semacam terapi 'mandi hutan'.

Forest bathing adalah hiburan sederhana dengan berada di tengah hutan. Tidak seperti berjalan menembus hutan, ini tentang perasaan hadir dan membenamkan diri di alam. Dengan forest bathing, kita membiarkan aroma dan pemandangan hutan yang menenangkan menyapu diri.

Arsitek lansekap Andrée Davies, yang bekerja dengan Kate Middleton mengatakan kepada The Telegraph bahwa ia membawa konsep itu ke pertemuan. Ia mencatat bagaimana pekerja kantor di Jepang melarikan diri ke pepohonan untuk istirahat makan siang. Dalam bahasa Jepang, forest bathing diistilahkan dengan shinrin-yoku.

Praktisi Inggris, Faith Douglas, menawarkan forest bathing sebagai kegiatan terapi bagi veteran militer. "Forest bathing memberi Anda perasaan tenang secara keseluruhan," katanya sebelumnya kepada Huffington Post.

"Kamu lebih santai dan jernih tapi juga bersemangat dan terhubung, tidak hanya ke ruang alami tetapi juga untuk orang-orang di sekitar kamu," jelasnya.

Di Twitter, orang-orang sudah berbagi pengalaman positif mereka tentang forest bathing sejak merangkul konsep ini. Menurut Chris Naylor, penulis Go Wild: Find Freedom and Adventure in the Great Outdoors, forest bathing memiliki sejumlah manfaat kesehatan.

Forest bathing dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi tekanan darah, dan meningkatkan tingkat energi. Terapi ini juga bisa meningkatkan suasana hati, tidur, dan kemampuan fokus. Bahkan forest bathing dapat mempercepat kemampuan tubuh Anda untuk sembuh,” tulis Naylor dalam bukunya.

“Penelitian juga menunjukkan bahwa ketika diukur, tingkat permusuhan dan agresi berkurang di antara mereka yang berada di lingkungan hutan. Bersatu dengan alam, dikelilingi oleh suasana yang indah secara alami, meningkatkan kepositifan, dan kebahagiaan,” imbuhnya.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA