Tuesday, 22 Syawwal 1440 / 25 June 2019

Tuesday, 22 Syawwal 1440 / 25 June 2019

Tahukah Anda Waktu Tepat Minum Teh Hijau?

Selasa 21 May 2019 08:24 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Indira Rezkisari

Teh Hijau.

Teh Hijau.

Foto: PxHere
eh hijau paling tepat diminum di antara jam makan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama bertahun-tahun, teh hijau banyak digemari karena manfaat kesehatannya yang tak terhitung. Mulai dari anti-bakteri, menurunkan berat badan, peningkatan metabolisme tubuh, meningkatkan kesehatan mulut, menunjukkan sifat anti-penuaan dan membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker.

Baca Juga

Namun berapa banyak teh hijau harus dikonsumsi dalam sehari dan kapan saja waktu tepat untuk mengonsumsi teh hijau? Berikut penjelasannya seperti dilansir Indian Express.

Jangan dikonsumsi pagi hari

Kebanyakan orang berpikir bahwa mengonsumsi teh hijau saat perut kosong adalah cara terbaik untuk mendapatkan manfaat dari minuman ini. Tetapi mengonsumsi teh hijau di pagi hari mungkin memiliki efek buruk pada hati dan mungkin juga merusaknya.

Selain itu, kafein di dalamnya dapat menyebabkan dehidrasi dan merangsang pelepasan asam lambung yang dapat menyebabkan sakit perut atau bahkan maag.

Konsumsi teh hijau di sela-sela waktu makan

Untuk memanfaatkan kekuatan antioksidan penuh dari teh hijau, sebaiknya konsumsi di antara waktu makan. Artinya, Anda harus mengonsumsinya setidaknya dua jam sebelum dan dua jam setelah makan. Tujuannya guna memastikan katekin (antioksidan) tidak bereaksi dengan kasein yang ada dalam protein hewani atau susu.

Cukup 3 sampai 5 cangkir sehari, jangan lebih

Meskipun minum teh hijau secara teratur dipercaya akan memberi manfaat bagi kesehatan, namun penting untuk dipahami bahwa tiga hingga lima cangkir sehari adalah ideal. Konsumsi berlebihan dapat menyebabkan beberapa efek samping serius pada tubuh Anda termasuk anemia.

Tidak minum teh hijau sebelum tidur

Seseorang tidak boleh mengkonsumsi teh hijau sebelum tidur karena mengandung kafein dan bersifat diuretik. Meskipun teh hijau mengandung kafein yang relatif lebih sedikit dibandingkan dengan teh lainnya, namun kandungan kafein rendah tetap memengaruhi kemampuan seseorang untuk tidur.

Selain itu karena diuretiknya, mengonsumsi teh hijau sebelum tidur juga akan mendorong keinginan untuk buang air kecil sehingga bisa mengganggu tidur Anda. Jadi konsumsilah teh hijau setidaknya satu hingga dua jam sebelum tidur untuk membantu membakar lemak saat Anda tidur. Sebagai alternatif, Anda dapat memilih infus seperti teh Camomile sebagai minuman pengantar tidur.

Minum teh hijau saat olahraga

Teh hijau membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan membantu menghambat penyerapan lemak. Sehingga sangat penting untuk memasangkan teh hijau dengan olahraga untuk manfaat optimal. Dokter, pelatih kebugaran, ahli diet dan ahli gizi merekomendasikan teh hijau dengan olahraga yang memadai.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA