Wednesday, 24 Safar 1441 / 23 October 2019

Wednesday, 24 Safar 1441 / 23 October 2019

Enam Cara Ampuh Atasi Migren di Rumah

Sabtu 11 May 2019 02:08 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Christiyaningsih

Yoga bisa menjadi salah satu solusi mengatasi migren. Ilustrasi

Yoga bisa menjadi salah satu solusi mengatasi migren. Ilustrasi

Foto: baltyra.com
Migren bisa muncul disertai beberapa gejala lain seperti mual dan tubuh terasa lemah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Migren merupakan kondisi sakit kepala yang hanya menyerang di satu sisi kepala. Migren dikategorikan sebagai sakit kepala berdenyut dan sensitivitas terhadap cahaya atau suara bising.

Migren bisa muncul disertai beberapa gejala lain seperti mual dan tubuh yang terasa lemah. Sakit kepala sebelah ini umumnya disebabkan oleh masalah genetik. Akan tetapi migren juga dapat dipicu oleh faktor-faktor lain seperti kecemasan, perubahan hormonal, serta obat-obatan.

Sebenarnya, siapapun bisa berisiko mengalami migrain. Tetapi orang-orang yang memiliki riwayat keluarga dengan migren atau orang-orang yang memiliki kondisi medis seperti depresi dan kecemasan cenderung berisiko lebih tinggi terhadap migren. Dilansir Times Now News, berikut enam cara yang bisa dilakukan untuk mencegah atau meringankan gejala-gejala migren.

1. Olahraga

Salah satu cara terbaik untuk mengelola migren adalah dengan mencegahnya. Olahraga merupakan cara yang baik untuk memastikan agar seseorang tetap sehat sehingga dapat mencegah kondisi seperti migren.

Olahraga dapat membuat tubuh melepas hormon-hormon endorfin yang dapat menurunkan nyeri. Endorfin juga dapat membantu seseorang untuk mengelola stres dengan lebih baik sehingga pemicu migren bisa diminimalisir..

2. Tidur cukup

Salah satu cara untuk mencegah migren adalah menjalani jadwal tidur yang baik dan tepat. Biasakan tidur dan bangun di jam yang sama setiap hari dengan durasi tidur sekitar tujuh sampai delapan jam per hari.

Jangan kekurangan atau kelebihan tidur. Kekurangan atau kelebihan tidur dapat menyebabkan sakit kepala berdenyut dan menurunkan ambang nyeri.

3. Yoga

Cara terbaik lain untuk mencegah migren adalah melakukan yoga setiap hari. Yoga tak hanya memberi manfaat seperti olahraga lain tetapi juga dapat menurunkan pemicu-pemicu sakit kepala lain seperti kecemasan hingga depresi. Yoga juga dapat menenangkan otak.

4. Ruang sunyi dan gelap

Ketika mengalami serangan migren, coba pergi ke ruangan yang sunyi dan gelap. Di ruangan tersebut coba tenangkan diri, berbaring, dan buat tubuh serileks mungkin. Suara berisik, cahaya terang, dan keributan dapat memicu sakit kepala. Paparan yang konsisten terhadap hal-hal tersebut dapat membuat sakit kepala lebih buruk.

5. Dinginkan kepala

Saat mengalami migren, salah satu hal pertama yang perlu dicari adalah es batu atau botol dingin. Gunakan objek-objek yang dingin untuk mendinginkan kepala. Mendinginkan area kepala yang sakit diyakini dapat mengurangi nyeri. Sensasi dingin dapat membuat area yang nyeri mati rasa dan mengurangi aliran darah ke area nyeri tersebut.

6. Kafein

Satu cangkir kopi atau minuman berkafein lain dapat meringankan gejala migren. Namun pastikan untuk tidak mengonsumsi kafein terlalu banyak dan menjadi ketergantungan akan kafein. Terlalu banyak konsumsi kafein dapat menyebabkan kelelahan dan sakit kepala jika suatu saat tak lagi meminum kafein.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA