Kamis, 15 Zulqaidah 1440 / 18 Juli 2019

Kamis, 15 Zulqaidah 1440 / 18 Juli 2019

6 Cara Sederhana Percepat Penurunan Berat Badan

Ahad 28 Apr 2019 17:43 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Indira Rezkisari

Kebiasaan hidup yang aktif akan meningkatkan kesehatan tubuh, dibanding hanya terduduk dan bersikap pasif.

Kebiasaan hidup yang aktif akan meningkatkan kesehatan tubuh, dibanding hanya terduduk dan bersikap pasif.

Foto: Republika/Prayogi
Pada dasarnya kebiasaan hidup aktif bantu penurunan berat badan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menurunkan berat badan membutuhkan banyak kerja keras dan kesabaran. Karena diet atau penurunan berat badan adalah kombinasi dari diet sehat dan olahraga teratur.

Baca Juga

Tapi tahukah Anda bahwa ada banyak trik sederhana yang bila diiringi dengan kerja keras dapat membantu proses diet atau penurunkan berat badan? Berikut adalah daftar enam hal sederhana yang dapat mempercepat program penurunan berat badan seperti dikutip dari Times of India, Ahad (28/4).

Yuk, Biasakan naik tangga bukan lift

Sering menggunakan tangga ketika hendak pergi ke lantai atas dapat membantu tubuh membakar kalori. Menaiki tangga selama lima menit mampu membakar sekitar 144 kalori dalam tubuh, artinya jika dilakukan secara rutin dalam satu bulan sudah berapa kalori yang terbakar?

Berdiri sesekali

Mata kita terpaku pada laptop dan duduk di atas kursi selama berjam-jam ketika bekerja. Duduk, tidak hanya meningkatkan kemungkinan sakit tetapi juga menambah berat badan. Jadi cobalah sesekali bangun dan berjalanlah setiap kali dengan durasi 15 menit setiap satu jam. Dengan berdiri, kita telah membakar 36 kalori lebih banyak per jam dibandingkan dengan duduk.

Sering membersihkan rumah

Sering menyapu atau mengepel lantai di rumah memang tidak akan membuat lantai menjadi bersinar, namun melakukan hal sederhana seperti itu bisa membakar kalori secara ekstra.

Mengunyah permen karet non-gula

Mayoritas orang pasti suka mengunyah permen karet. Kabar baiknya, berdasar pada penelitian terbaru dikatakan bahwa pergerakan otot rahang saat mengunyah permen karet dapat membakar sekitar 11 kalori per jam. Namun ingat ya, jangan mengonsumsi permen karet yang mengandung gula.

Cuci mobil sendiri

Membawa mobil ke tempat pencucian mobil memang lebih praktis dan mudah. Namun, sesekali cobalah mencuci mobil Anda sendiri di rumah. Tidak hanya menghemat uang, mencuci mobil juga dapat membakar sekitar 280 kalori per jam.

Bermain dengan anak-anak Anda

Sebagai orang tua yang berkarier tentu seringkali diliputi rasa bersalah karena jarang memiliki waktu bermain bersama mereka. Tapi tahukah Anda bahwa bermain gim fisik (bukan gim daring) dengan anak-anak dapat membantu membakar kalori antara 80-137 per jam, tergantung pada seberapa kuat permainan yang dilakukan. Jadi jangan pernah meminta anak-anak untuk duduk dan bersantai, bergabunglah dan bermainlah dengan mereka.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA