Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Olahraga 10 Menit Per Pekan Bawa Manfaat Bagi Tubuh

Sabtu 27 Apr 2019 10:40 WIB

Rep: Farah Noersativa/ Red: Christiyaningsih

Olahraga agar tubuh bugar (ilustrasi)

Olahraga agar tubuh bugar (ilustrasi)

Foto: the88sj.com
Olahraga 10 menit per pekan bisa dilakukan mereka yang punya aktivitas padat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi orang sibuk, berolahraga sepertinya merupakan hal yang sulit untuk dilakukan karena kurangnya waktu dan jadwal yang padat. Padahal, olahraga memainkan peran besar dalam menjaga kesehatan tubuh.

Dilansir Business Times, pakar menemukan kabar baik bagi orang yang ingin melangkah ke gaya hidup sehat tetapi takut terhimpit jadwal yang sibuk. Sebuah studi baru yang diterbitkan British Journal of Sports Medicine mengungkapkan olahraga tidak perlu terlalu lama untuk dilakukan.

Bahkan studi ini menyebut, berolahraga hanya memerlukan waktu 10 menit. Investasi olahraga 10 menit dalam sepekan, dapat menciptakan hasil yang luar biasa dan memperpanjang hidup seseorang.

Profesor dan ahli epidemiologi di Sekolah Kesehatan Masyarakat Universitas Shandong di China, Bo Xi, yang juga salah satu penulis penelitian ini menyebut betapa bermanfaat setiap detik dalam berolahraga. "Setiap dosis aktivitas fisik akan bermanfaat bagi kesehatan manusia,” kata dia.

Dia mengumpulkan data sekitar 88 ribu orang dewasa AS berusia antara 40 sampai 85 tahun. Data mereka dipelajari selama hampir sembilan tahun.

Pada awal penelitian, semua orang yang terlibat di dalamnya memiliki kondisi yang sehat dan tidak memiliki penyakit kronis. Sepanjang penelitian, para ahli di belakang tim mengharuskan peserta untuk memberikan informasi kesehatan dan demografis mereka.

Setelah penelitian selesai, para peneliti menemukan manfaat berolahraga bahkan selama setidaknya 10 menit sehari. Rutinitas itu sudah dapat mengurangi risiko seseorang terkena kanker, serangan jantung, atau penyakit lain yang dapat meningkatkan kemungkinan mereka untuk meninggal sebesar 18 persen. Selanjutnya, di antara semua partisipan mereka, para ahli mengetahui sebanyak delapan ribu dari mereka telah meninggal.

Meskipun sudah ada banyak penelitian yang menegaskan bagaimana latihan intensitas rendah dapat bermanfaat bagi kesehatan, namun kebenarannya masih membingungkan. Hasil penelitian bahkan bertentangan dengan pedoman aktivitas fisik federal.

Aktivitas itu merekomendasikan orang untuk memiliki setidaknya 150 menit latihan aerobik atau 75 menit latihan aerobik yang kuat per pekan untuk tetap bugar dan sehat. Olahraga selalu dikaitkan dengan banyak manfaat. Sebuah blog kesehatan internasional berjudul Medline Plus menyebut beberapa cara bagaimana olahraga bisa membantu tubuh.

Olahraga dapat membantu mengelola berat badan, mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, dan membantu dalam mengelola kadar gula darah. Selain itu, olahraga dapat meningkatkan suasana hati dan menjaga kondisi mental agar selalu sehat.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA