Rabu, 17 Safar 1441 / 16 Oktober 2019

Rabu, 17 Safar 1441 / 16 Oktober 2019

Di Umur Berapa Anak Tak Perlu Tidur Siang Lagi?

Selasa 23 Apr 2019 14:00 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Christiyaningsih

Anak tidur.

Anak tidur.

Foto: Pixabay
Ada masa di mana anak-anak tak lagi membutuhkan tidur siang secara biologis

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidur yang cukup merupakan hal penting bagi anak-anak. Karena itu, sebagian orang tua cenderung 'terobsesi' untuk menyuruh anak-anak mereka tidur siang. Padahal, tidur siang tidak selamanya dapat memberi manfaat yang baik bagi anak. Ada masa di mana anak-anak tak lagi membutuhkan tidur siang secara biologis.

Di masa ini, memaksa anak untuk tidur siang justru dapat memberi dampak yang kurang baik bagi kesehatan maupun perilaku anak. Pengaruh tidur siang bagi kesehatan anak ini diungkapkan dalam studi terbaru. Tim peneliti mengumpulkan data dari 26 studi untuk melihat pola dan dampak tidur siang bagi anak-anak berusia di bawah lima tahun.

Hasil penelitian menunjukkan tidur siang pada anak berusia di atas dua tahun berkaitan dengan kualitas tidur yang buruk. Tak hanya itu, tim peneliti juga menemukan tidur siang dapat memengaruhi perilaku dan kesehatan anak dalam jangka panjang. Beberapa di antaranya adalah perkembangan yang terlambat dan obesitas di masa anak-anak.

Orang tua biasanya khawatir anak-anak mereka tidak mendapatkan tidur yang cukup. Mereka menganggap dengan tidur siang anak-anak bisa mendapatkan waktu tidur yang lebih banyak.

Padahal studi ini menunjukkan anak-anak berusia di atas dua tahun tak lagi membutuhkan tidur siang. Memaksa anak untuk tidur siang di saat mereka tak lagi membutuhkannya justru dapat membuat kualitas tidur malam anak terganggu.

"Orang tua seharusnya tidak menganggap tidur siang dan tidur malam merupakan hal yang sama," terang Profesor Karen Thorpe dari Queensland University of Technology seperti dilansir Mirror.

Seperti diungkapkan WebMD, anak berusia 1-4 pekan membutuhkan tidur sebanyak 15-16 jam per hari. Anak-anak berusia 1-4 bulan membutuhkan tidur 14-15 jam per hari. Anak-anak berusia 4-12 bulan membutuhkan tidur 14-15 jam per hari. Sedangkan anak-anak berusia 1-3 tahun membutuhkan tidur 12-14 jam per hari.

Anak-anak berusia 3-6 tahun membutuhkan tidur 10-12 jam per hari dan anak-anak berusia 7-12 tahun membutuhkan tidur 10-11 jam per hari. Pada anak-anak berusia 12-18 tahun, waktu tidur yang dibutuhkan adalah 8-9 jam per hari.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA