Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Studi: Menonton Serial Friends Baik untuk Otak

Selasa 23 Apr 2019 11:59 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari

Serial Friends.

Serial Friends.

Foto: ist
Menonton serial Friends ampuh atasi kecemasan dan stres.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Menonton serial menjadi hiburan di kala waktu luang. Tidak ada salahnya memilih tontonan yang bisa memberikan efek yang lebih baik. Salah satu yang direkomendasikan adalah serial Friends.

Serial yang populer tahun 90-an ini, menurut studi baru menyatakan, bisa memberikan efek yang baik untuk kesehatan mental dan membantu menghilangkan stres. Tontonan ini memang menyuguhkan cerita yang penuh komedi, namun fakta pentingnya adalah menontonnya mengatasi segala jenis kecemasan dan stres.

Studi tersebut dilakukan ahli yang berbasis di London. Mereka melakukan penelitian untuk menunjukkan bagaimana menonton serial tersebut bisa membantu dan menghilangkan stres.

"Setelah bekerja selama lebih dari 20 tahun dengan mereka yang mengalami kecemasan, saya dapat menyimpulkan di antara faktor-faktor lain, sifat program yang berulang dan relasional seperti Friends dan Big Bang Theory yang akan melakukan triknya," ujar psikolog klinis Marc Hekster, dikutip dari Times of India, Selasa (23/4).

Hekster menyebutkan, acara populer lainnya, The Big Bang Theory pun dapar membantu orang menghilangkan stres dalam hidup. Menonton karakter dalam acara komedi melalui masalah nyata membuatnya lebih mudah didekati dan membimbing orang dalam menyelesaikan krisis pribadi dengan cara yang lebih baik.

“[Menonton Friends] adalah tentang pengalaman perbaikan, menonton karakter dalam pertunjukan berulang kali memiliki kekhawatiran, yang kemudian diperbaiki dan ditenangkan, biasanya dalam konteks hubungan lain dalam kehidupan mereka," ujar Hekster.

Masalah-masalah kompleks dijadikan fokus dari setiap episode serial tersebut. Kemudian, masalah tersebut diselesaikan dalam hubungan yang merupakan inti dari pertunjukan.

Seperti yang ditunjukkan oleh ahli, alasan utama mengapa pertunjukan itu baik untuk otak adalah karena bagaimana pikiran manusia bereaksi. Ketika seseorang mengalami perasaan cemas dan stres, otak merespons dengan menimbulkan rasa takut dan cemas yang kemudian diselesaikan dengan pengulangan dan perasaan nyaman.

“Ya, sangat menyenangkan melihat hasil yang sama setiap waktu dan tahu Anda bisa bergantung padanya. Ini adalah jantung dari perkembangan manusia. Jadi, ketika orang dewasa cemas, mereka dapat memiliki perasaan takut dan khawatir seperti anak kecil, dan ini dapat ditenangkan dengan pengulangan," ujar Hekster.

Baca Juga

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA