Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Rekomendasi Makanan yang Cocok untuk Tiap Golongan Darah

Kamis 18 Apr 2019 16:49 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Reiny Dwinanda

Diet berdasarkan golongan darah mengatur makanan yang cocok untuk tiap golongan darah. (Ilustrasi)

Diet berdasarkan golongan darah mengatur makanan yang cocok untuk tiap golongan darah. (Ilustrasi)

Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Makanan tertentu disebut tak cocok untuk orang dengan golongan darah tertentu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Diet sesuai golongan darah menjadi makin populer setelah dokter naturopati Peter J D'Adamo membukukan pandangannya bertahun silam. Seperti banyak diet lainnya, kontroversi juga muncul terkait diet berdasarkan golongan darah.

Baca Juga

D'Adamo tetap meyakini golongan darah ada pengaruhnya pada sistem pencernaan. Berikut ini adalah rencana diet singkat untuk setiap golongan darah, dikutip dari Times of India, Kamis (18/4).

Golongan darah O
Orang dengan golongan darah O harus konsumsi makanan berprotein tinggi, banyak sayuran dan ikan. Namun, mereka hanya boleh makan kacang-kacangan dan biji-bijian dalam jumlah yang terbatas.

Orang-orang ini direkomendasikan memilih makanan laut, daging merah, brokoli, bayam, dan minyak zaitun untuk menurunkan berat badan. Mereka harus menghindari makan susu, jagung, dan gandum.

Golongan darah A
Orang dengan golongan darah harus memilih sayuran, buah-buahan, tahu, kalkun, biji-bijian, dan makanan laut. Pantangannya, daging.

Untuk menurunkan berat badan, pemilik golongan darah A harus makan lebih banyak nanas, minyak zaitun, makanan laut, sayuran, dan kedelai. Hindari makan susu, jagung, kacang merah, dan gandum.

Darah tipe B
Orang golongan darah B harus memilih makanan yang beragam yang mencakup daging, buah, makanan laut, susu, dan biji-bijian. Untuk menurunkan berat badan, mereka disebut bagus makan lebih banyak sayuran hijau, hati, telur, dan licorice. D'Adamo menyarankan mereka menghindari makan jagung, ayam, gandum, dan kacang tanah.

Golongan darah AB
Orang dengan golongan darah AB harus makan susu, domba, tahu, ikan, buah-buahan, sayuran dan biji-bijian. Untuk menurunkan berat badan, mereka harus makan lebih banyak tahu, makanan laut, sayuran hijau dan rumput laut. Sedangkan ayam, jagung, kacang merah, dan gandum harus dihindari.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA