Wednesday, 17 Ramadhan 1440 / 22 May 2019

Wednesday, 17 Ramadhan 1440 / 22 May 2019

Golongan Darah Pengaruhi Penurunan Berat Badan

Kamis 18 Apr 2019 16:36 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Reiny Dwinanda

Pelaku diet

Pelaku diet

Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Orang dengan golongan darah O dan B lebih mudah menurunkan berat badan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tak semua orang mudah menurunkan bobotnya. Meskipun menjalani pengaturan pola makan dan olahraga yang sama, penurunan berat badan pada tiap orang akan berbeda hasilnya.

Ternyata, masalah tersebut timbul bukan dari nasib yang lebih mujur atau hal-hal tidak terduga lainnya. Ketika seseorang ingin mengatur pola makan dan melakukan latihan, maka dia pun harus memperhatikan golongan darahnya.

Golongan darah memiliki peran dalam menentukan dalam penurunan berat badan. Konsultan nutrisi Seema Khanna mengatakan, orang dengan golongan darah AB+ dan AB merasa paling sulit menurunkan berat badan. Ini terjadi karena orang dengan dua golongan darah ini tidak dapat dengan mudah mengubah kebiasaan makan mereka.

Mereka yang dapat dengan mudah mengubah kebiasaan makan mereka dan bisa lebih mudah berhasil menurunkan berat badan dengan mudah adalah orang dengan golongan darah O+ dan B+. Seema menjelaskan, orang dengan golongan darah B+ memiliki Basal Metabolic Rate (BMR) yang lebih tinggi. Itulah sebabnya mereka tidak pernah bertambah berat badan terlalu banyak.

"Bagi mereka kenaikan berat badan atau penurunan berat badan mereka tergantung pada genetika mereka," ujar Dr. Seema merujuk pada golongan darah A, seperti dikutip dari Times of India, Kamis (18/4).

Untuk mengatasi masalah itu, lahirlah diet golongan darah. Pola makan ini telah populer selama hampir dua dekade dan membantu menurunkan berat badan secara sehat. Diet ini dibuat oleh ahli naturopati Peter J D'Adamo.

Peter mengatakan, makanan yang dikonsumsi bereaksi dengan darah dan diet yang dirancang khusus sesuai golongan darah dapat membantu mencernanya dengan cepat. Mengikuti diet golongan darah akan membantu menurunkan berat badan, membantu mencegah penyakit, dan memiliki lebih banyak energi.

Makan sesuai panduan diet golongan darah, menurut Peter, bisa membuat orang menjadi lebih sehat, hidup lebih lama, dan mencapai berat badan ideal. Dia mengatakan pilihan bumbu, rempah-rempah, bahkan olahraga seseorang pun harus disesuaikan dengan golongan darah.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA