Wednesday, 17 Ramadhan 1440 / 22 May 2019

Wednesday, 17 Ramadhan 1440 / 22 May 2019

Lima Kiat Jaga Kesehatan Saat Bekerja dari Rumah

Rabu 17 Apr 2019 22:20 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Christiyaningsih

Wanita Bekerja. (Ilustrasi)

Wanita Bekerja. (Ilustrasi)

Foto: womendish.com
Habiskan terlalu banyak waktu di dalam ruangan bisa ganggu kesehatan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bekerja dari rumah tidak semudah kedengarannya. Anda mungkin tidak memiliki jadwal kerja yang kaku, tapi terlalu banyak duduk dan menghabiskan terlalu banyak waktu di dalam ruangan dapat memiliki efek buruk pada kesehatan fisik dan mental. Ketika bekerja dari rumah sangat penting menciptakan batasan dan ritual perawatan diri demi mempertahankan gaya hidup sehat.

Baca Juga

Kendati bekerja dari rumah, penting untuk tetap terhidrasi, berolahraga, bermeditasi, dan mandi air hangat. Jangan lupa memanjakan diri dalam rutinitas perawatan kulit, melakukan beberapa interaksi sosial, dan yang paling penting adalah pergi keluar. Aktivitas-aktivitas tersebut penting untuk menyehatkan pikiran. Berikut lima kiat menjaga kesehatan saat bekerja dari rumah dikutip dari Business Insider.

1. Tetapkan batas antara rumah dan pekerjaan

Ketika bekerja dari jarak jauh kita bisa tergoda untuk membiarkan pekerjaan berlanjut hingga malam hari. Ini karena tidak ada pemisahan yang benar antara rumah dan kantor. Itulah mengapa penting untuk menetapkan waktu mulai dan selesai setiap hari dan untuk menjadwalkan waktu istirahat.

"Ketika bekerja dari rumah, mungkin sulit menentukan di mana hari kerja dimulai dan berakhir," jelas guru yoga dan pelatih kesehatan Claire Grieve. Meluangkan waktu 30 menit di pagi hari untuk memikirkan hari Anda sebelum menyalakan telepon dan email dapat membantu diri merasa lebih terkendali.

2. Isi kulkas dengan camilan bergizi

Grieve menyarankan untuk menyediakan camilan bergizi di kulkas. "Godaan untuk makan makanan tidak sehat sangat besar ketika mengalami hari yang sulit dan dapur hanya beberapa detik jauhnya," katanya.

Ini terutama benar ketika Anda satu-satunya yang bekerja dari rumah dan tidak ada orang di sekitar Anda yang membuat Anda merasa bertanggung jawab. Meskipun tentu saja tidak mudah untuk menghentikan kebiasaan ngemil yang buruk, Anda dapat membatasi dampaknya dengan hanya menyimpan makanan sehat dan bergizi di lemari es dan dapur Anda.

3. Berolahraga

Berolahragalah meskipun itu hanya berjalan. "Saya tidak peduli apakah ini hanya berjalan, tapi Anda harus berolahraga setiap hari. Jika bisa lakukan di pagi hari," katab Lindsay Anvik, seorang pelatih dan pembicara bisnis.

Mulailah hari Anda dengan darah yang mengalir. Ketika memulai hari dengan tangki penuh, Anda memiliki lebih banyak untuk diberikan pada pekerjaan. Berolahraga juga merupakan cara yang bagus untuk menghindari isolasi karena melibatkan interaksi dengan orang-orang.

4. Istirahat makan siang

Istirahatlah makan siang dan beranjaklah dari depan komputer. Bagaimana Anda akan mengambil alih dunia jika tidak memiliki bahan bakar?

“Istirahat makan siang yang sesungguhnya, bukan jenis di mana Anda mendorong makanan di wajah Anda saat membaca email di laptop dan menelusuri Instagram,” kata Anvik.

5. Buat rutinitas pagi yang bermakna

Saran lainnya diberikan Nadia Musavvir, seorang dokter naturopati. Ia mengatakan sebaiknya kita membuat rutinitas pagi yang bermakna.

"Rutinitas pagi yang bermakna dapat melibatkan penjurnalan, yoga, meditasi, atau apa pun yang Anda rasakan santai. Biarkan saja saat Anda sebelum Anda mulai menjawab panggilan, teks, email, dan memeriksa media sosial," jelasnya.

Dengan melakukan itu, Anda menetapkan nada positif dan santai untuk hari itu alih-alih terburu-buru dan cemas. Beberapa hal favorit yang harus dilakukan sebelum masuk ke mode kerja antara bernafas dalam, peregangan, membuat teh, dan sarapan.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA