Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Delapan Cara Memperbaiki Kinerja Otak (1)

Kamis 18 Apr 2019 16:00 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Reiny Dwinanda

Otak manusia bisa dijaga agar tetap tajam meski bertambah tua.

Otak manusia bisa dijaga agar tetap tajam meski bertambah tua.

Foto: pixabay
Ada sejumlah cara yang bisa ditempuh untuk memperbaiki kinerja otak.

REPUBLIKA.CO.ID,  BRISTOL-- Semua orang pasti pernah mengalami ketidakmampuan berkonsentrasi, lupa di mana menaruh kunci, bahkan ada kalanya otaknya seolah memiliki pikiran sendiri. Sama seperti mesin, kadang otak perlu beristirahat dan diperbaiki kembali.

Seperti yang dilansir Science Focus, ada delapan cara memperbaiki otak. Berikut bagian pertama dari dua tulisan:

Baca Juga

Fokus perhatian

Jangan sampai padatnya agenda membuat hari Anda berantakan. Agar pikiran tak buyar, cobalah untuk berlatih membagi perhatian. Buat bagan kehidupan Anda menjadi beberapa bagian seperti pekerjaan, keluarga, kesehatan, dan sebagainya.

Cek berkala, apakah ada sisi kehidupan yang butuh perhatian. Dengan begitu, suatu kepentingan tak akan mengorbankan kepentingan lainnya dalam kehidupan.

Baca, tonton, atau dengarkan sesuatu yang baru setiap hari. Materi yang tidak dikenal akan merangsang area otak yang kurang dimanfaatkan dan membuat sel-sel otak ini lebih mudah untuk diaktifkan lagi di masa depan. Cara ini dapat membantu meningkatkan perhatian Anda secara keseluruhan.

Selain itu, coba juga beristirahat sejenak dari tugas-tugas yang membutuhkan perhatian panjang. Fokus terhadap suatu hal terlalu lama akan membuat otak menginterpretasikannya sebagai hal yang tak penting sehingga bisa mengundang hal-hal yang mengganggu konsentrasi.

Mengulang

Buat catatan dan sering-seringlah membaca ulang. Pengulangan mencegah informasi terlupakan dan membantu memperkuat jaringan saraf yang menyimpan ingatan.

Bagi informasi menjadi beberapa bagian. Misalnya, mengubah urutan 8, 3, 2, 4, 9, 0, 1, 9, 8 menjadi 832-490-198. Ini membuatnya lebih mudah diingat.

Memori

Melupakan sesuatu yang sebenarnya sangat ingin kita simpan dalam memori merupakan bentuk kegagalan mengingat. Bentuk lainnya ialah salah ingat atau malah merekayasa ingatan.

Cobalah mengonsumsi banyak vitamin B. Zat gizi mikro yang dapat membantu memperkuat ingatan itu banyak ditemukan dalam biji-bijian dan kacang-kacangan.

Gunakan mnemonik seperti rima dan akronim. Keduanya merupakan cara yang telah dicoba dan diuji untuk membuat informasi lebih berkesan sehingga gampang diingat.

Tulis daftar hal yang harus dilakukan setiap pagi dan kaji ulang secara teratur sepanjang hari. Tetapkan kebiasaan seperti meletakkan kunci pada kait tertentu. Ini akan membentuk tautan antara objek dengan otak.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA