Thursday, 18 Safar 1441 / 17 October 2019

Thursday, 18 Safar 1441 / 17 October 2019

Konsumsi Lima Makanan Ini untuk Kulit Awet Muda

Senin 15 Apr 2019 13:01 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Christiyaningsih

Semangka

Semangka

Foto: flickr
Konsisten makan sehat bisa membuat kulit terlihat lebih bersinar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pernah mendengar ungkapan 'kamu adalah apa yang kamu makan'? Ungkapan tersebut memang terdengar klise. Akan tetapi makan sehat secara konsisten bisa membuat kulit terlihat lebih bersinar.

Saat ini metode makan yang banyak disarankan adalah Mediterania. Diet Mediterania disebut merupakan cara terbaik untuk menjaga kulit dan kesehatan secara keseluruhan. Antioksidan seperti beta karoten, vitamin C, vitamin E, selenium, dan vitamin B, berfungsi sebagai pengawal sel-sel kulit.

Omega-3 juga penting untuk kesehatan dan penampilan kulit. Omega-3 membantu meminimalkan peradangan yang dapat menyebabkan degradasi sel dari waktu ke waktu. Untuk mendapatkan nutrisi penting itu, berikut ini makanan yang sangat direkomendasikan dikutip dari Goodhousekeeping.

1. Air
Minum lebih banyak air adalah cara termudah dan tercepat untuk meningkatkan kecerahan dan menjaga kulit. Untuk berikan manfaat yang lebih maksimal, coba tambahkan jeruk segar atau buah beri untuk  mendapatkan manfaat itu.

Berapa banyak air yang perlu diminum? Ini sangat bervariasi, tergantung dari kebutuhan seseorang. Banyak ahli yang menyarankan untuk minimum dua liter atau sekitar delapan cangkir per hari.

2. Semangka
Dua cangkir semangka potong dadu sama dengan secangkir penuh air. Kandungan ini akan sangat baik untuk sel-sel kulit tetap terhidrasi. Beta-karoten dan vitamin C yang ditemukan dalam semangka menjadikannya camilan yang mengandung antioksidan.

3. Zaitun
Senyawa polifenol yang ditemukan dalam zaitun dapat membantu melindungi sel dari gangguan dan meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Pilih zaitun untuk membantu melindungi sel-sel kulit dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Buah ini akan mengisi dengan kombinasi lemak dan serat tak jenuh.

4. Bawang putih
Rempah-rempah dan bumbu seperti bawang putih, oregano, kayu manis, cengkeh, dan jahe dapat menjaga kesehatan kulit. Penelitian awal telah mengaitkan dengan mengurangi produksi Advanced Glycation End Products (AGEs). Senyawa ini dapat menyebabkan perubahan struktural pada kulit ketika menumpuk namun bawang putih membantu memperlambat penumpukan AGEs.

5. Kiwi
Kiwi adalah sumber vitamin C. Vitamin C bermanfaat memproduksi kolagen, protein yang memberikan elastisitas kulit. Kolagen rusak seiring bertambahnya usia dan menyebabkan pembentukan keriput. Akan tetapi kiwi yang kaya vitamin C dapat memberikan 141 persen dari porsi harian dan membantu mengatasi efek ini.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA