Kamis, 18 Safar 1441 / 17 Oktober 2019

Kamis, 18 Safar 1441 / 17 Oktober 2019

BKIPM Ajak Anak PAUD Gemar Konsumsi Ikan

Selasa 09 Apr 2019 18:22 WIB

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Yusuf Assidiq

Konsumsi ikan baik untuk kesehatan anak.

Konsumsi ikan baik untuk kesehatan anak.

Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Para ibu agar semakin sadar terhadap mutu dan penyediaan gizi untuk keluarga.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Penyediaan pangan yang sehat dan bermutu bagi generasi cerdas, menjadi salah satu bagian yang sangat penting dari upaya pengarusutamaan gender (PUG).

Karena gizi yang bermanfaat bagi kesehatan dan yang paling dibutuhkan bagi kecerdasan anak, banyak terkandung dalam protein ikan laut maupun ikan budi daya air tawar.

"Inilah alasan kami turut membantu menyediakan konsumsi yang terbaik bagi anak usia dini," ungkap Kepala seksi Pengawasan dan Pengendalian Data Informasi Balai Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Semarang, Jawa Tengah, Ely Musyarofah SPi.

Peran serta ini, jelasnya diwujudkan melalui kegiatan Kumpul Bocah-Makan Ikan Bersama Forum Pos PAUD se-Kecamatan Tembalang, yang digelar di halaman Kantor Kecamatan Tembalang, Kota Semarang.

Ia mengatakan, dengan dukungan generasi yang sehat dan cerdas diharapkan akan dapat mendorong implementasi PUG, sebagai strategi yang dilakukan secara rasional dan sistematis untuk mencapai dan mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender.

Ia juga mengungkapkan, kegiatan ini dihadiri  oleh kurang lebih 1.300 orang yang terdiri dari anak- anak PAUD serta Ibu Forum Pos PAUD se-Kecamatan Tembalang.

"BKIPM Semarang membuka stan pameran dan memberikan edukasi dan sosialisasi kepada para pengunjung tentang ikan yang sehat dan bermutu bagi konsumsi anak-anak," tambah Ely.

Ditambahkan, pada ikan yang diolah pada hari ini merupakan bantuan CSR, dari Unit Pengolahan Ikan (UPI) yang selama ini bermitra dengan BKIPM Semarang. Tujuan lain dari kegiatan ini adalah bentuk mendorong agar angka konsumsi ikan di Semarang semakin meningkat.

"Yang tak kalah penting, para ibu juga semakin sadar terhadap mutu dan penyediaan gizi untuk keluarga, dengan mendorong konsumsinikan kepada putra-putrinya," jelas Ely.

Camat Tembalang, Heru Sukendar, mengapresiasi dukungan BKIPM Semarang bersama dengan Assosiasi Culinary Professional, Semarang Culinary Professional, serta komunitas pegiat literasi Pustaka Sarwaga ini.

"Khususnya, para chef yang tergabung dalam Semarang Culinary Professional dan Assosiasi Culinary Professional yang telah menyerukan masakan berbahan baku ikan untuk 1.300 peserta," katanya.

Melalui pengarusutamaan gender BKIPM konsisten wujudkan penyediaan pangan sehat bermutu untuk generasi cerdas, melalui makan ikan,  bersama Forum Pos PAUD di kecamatannya.

Sementara mewakili Komunitas Pustaka Sarwaga, Rachmad Hidayat menambahkan, selain cerdas dengan makan ikan,  perlu juga menanamkan gemar membaca untuk generasi hebat.


BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA