Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Tambah Energi Bekerja dengan Nappuccino, Apa Itu?

Jumat 05 Apr 2019 10:45 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Christiyaningsih

Tidur depan komputer/ilustrasi

Tidur depan komputer/ilustrasi

Foto: ist
Belakangan muncul tagar nappucino atau coffenap di Instagram

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Belakangan ini, pengguna Instagram mungkin menyadari kemunculan tagar #nappuccino atau #coffeenap yang semakin marak. Apa yang dimaksud dengan nappuccino?

Nama nappuccino diambil dari kata nap atau tidur siang dan cappuccino yaitu sejenis minuman kopi. Nappuccino merupakan sebuah metode yang mengombinasikan tidur siang dan konsumsi kafein untuk meningkatkan energi dengan lebih optimal. Kombinasi ini mungkin terdengar aneh karena kopi diketahui dapat membuat seseorang justru sulit tertidur.

Anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Kunci dari nappuccino adalah tidur dalam jangka waktu pendek di waktu yang tepat. Seperti dilansir Asia One, efek kafein dari kopi baru akan terasa 20 menit setelah kopi diminum.

Metode nappuccino mendorong seseorang untuk tidur siang selama 20 menit sesaat setelah minum kopi. Menurut penelitian, cara seperti ini akan membuat seseorang merasa jauh lebih segar ketika bangun dari tidur siang. Alasannya, momen bangun tidur tersebut bertepatan dengan efek kafein dari kopi yang baru mulai muncul 20 menit setelah kopi diminum.

Nama nappuccino diciptakan oleh penulis Daniel H Pink. Dalam situs resminya, Pink mengungkapkan lima langkah penting untuk bisa melakukan nappuccino dengan baik menurut sains.

Langkah pertama adalah menemukan titik terendah seseorang di siang hari untuk tidur siang. Titik terendah ini umumnya dapat dikenali dengan suasana hati maupun tingkat energi yang menurun secara signifikan. Umumnya, waktu terbaik untuk tidur siang adalah tujuh jam setelah bangun tidur di pagi hari.

Langkah kedua adalah menciptakan lingkungan yang damai dan tenang. Beberapa hal yang bisa dilakukan adalah mematikan notifikasi ponsel, menutup pintu, atau tidur berbaring di sofa.

Setelah menciptakan lingkungan yang kondusif untuk tidur siang, langkah selanjutnya adalah minum kopi. Minum kopi sesaat sebelum berbaring untuk tidur siang. Kafein dari kopi membutuhkan waktu sekitar 20-25 menit untuk masuk ke dalam aliran darah dan memberi efek 'segar'.

Seperti dilansir dari situs resmi Pink, langkah keempat adalah memasang alarm tidur siang sekitar 10-20 menit. Dengan begitu, momen bangun tidur akan bertepatan dengan masa di mana kafein mulai memberikan efek menyegarkan bagi tubuh.

Langkah kelima adalah mengulang nappuccino secara konsisten. Ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa orang-orang yang tidur siang secara rutin mendapatkan manfaat lebih baik dibandingkan orang-orang yang hanya sesekali tidur siang.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA